Efektivitas Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil Siswa pada Materi Asam Basa

Putu Endriyana Wijaya Rani, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of problem based learning model to improve the students’ original thinking ability of acid base topic. This research was conducted at one of Senior High School in Bangun Rejo with using kuasi experiment method with Non Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. The sample was obtained by cluster random sampling technique and it was obtained sample was the XI IPA 2 as control class and XI IPA 4 as experiment class. Effectiveness was evidenced by improvement of the students’original thinking ability used t-test and than supported by teacher lability and effect size test. The result of this research shown that the students’ original thinking ability is high, teacher ability is very high and effect size had large criteria. Based on them, problem based learning model was effective and had big effect size to improve of the students’ original thinking ability in acid base topic.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa. Penelitian ini telah dilakukan di salah satu SMA Negeri di Bangun Rejo menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Pretest Posttest Control Group Design. Sampel dipilih melalui tehnik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen. Keefektifan dibuktikan dari peningkatan keterampilan berpikir orisinil siswa yang menggunakan uji-t serta didukung oleh kemampuan guru dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir orisinil siswa tinggi, kemampuan guru sangat tinggi, dan ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hal tersebut, model problem based learning efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir orisinil siswa pada materi asam basa.

Kata kunci: keterampilan berpikir orisinil, asam basa, problem based learning


Full Text:

PDF

References


Abdurrozak, R., Jayadinata, A.K., dan Isrok’atun. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1 (1): 871-880.

Abu, J. Y. M. 2014. The Effectiveness of Blended ELearning Forum in Planing for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11 (4): 3-16.

Awang, H., dan Ramly, I. 2008. Cretaive Thinking Skill Approach Thourgh Problem Based Learning: Pedagogy and Pratice in The Engineering Classroom. Journal of Human and Social Science, 3(1):18-23.

BSNP, 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan PendidikanJenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. BSNP, Jakarta.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assested Learning on Students’ Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-118.

Fadiawati, N. 2011. Perkembangan Konsepsi Pembelajar tentang Struktur Atom dari SMA hingga Perguruan Tinggi (Suatu Studi Deskriptif Cross Sectional). Disertasi Program Doktor Universitas Pendidikan Indonesia. Tidak diterbitkan.

Hake, R. R. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School Physics, and Pretest Scores inVisualization Mathematics and Spati. Physics Edu cation Research Conference. Tersedia pada:http://www.physics.indian a.edu/~hake/PERC2002hHake. pdf. diakses pada tanggal 21 November 2017.

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta, Jakarta.

Permendikbud. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemdikbud, Jakarta.

Prasetyo, A. D., dan Mubarokah, L. 2014. Berpikir Kreatif Siswa dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika SRKIP PGRI Sidoarjo, 2 (1): 1-10.

Purnamaningrum, A., Dwiastuti, S., Probosari, R.M., dan Noviawati. 2012. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Melalui Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas X-10 SMA Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi UNS, 4 (3): 39-51.

Putra, T., T. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Edukasi UNEJ, 1 (1): 22-26.

Sari, Y., E. 2016. Efektivitas Model Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil pada Materi Laju Reaksi. Skripsi. Unila, Bandar Lampung.

Sinaga, Y., D. 2017. Pengaruh Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan, 3(1): 84-86.

Sudarman. 2007. Problem Based Learning:Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovatif, 2(2), 68-73.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito, Bandung.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar. Disertasi Pascasarjana Univeritas Negeri Surabaya: Tidak diterbitkan.

Sutirman. 2013. Media dan ModelModel Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu, Yogyakarta.

Trianto. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Wulandari, W., Liliasari, dan Supriyanti F. M. T. 2011. Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pengajaran MIPA UPI, 16 (2): 116-121.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.