Pengaruh LKS Berbasis Model SiMaYang dalam Meningkatkan Self Confidence dan Penguasaan Konsep

Yayi Aisyah Dewi Putri, Sunyono Sunyono, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the effect and of  SiMaYang model which based on student worksheet to improve self confidence and concept mastery on electrolyte and non electrolyte topic. Population in this study was all students of  X MIA SMAN 1 Natar. Samples in this study were students of X MIA 6 as experimental class and students of X MIA 8 as control class which obtained by clauster random sampling technique. The research method was quasi experiment with non equivalence pretest-posttest control group design. The result showed that 0,53 of n-Gain on self confidence, and then the n-Gain of concept mastery in experiment class was 0,71. Based  on the result of this research, it can be conclude that LKS based on SiMaYang model have a medium effect in improving self confidence and have a high effect in improving concept mastery on electrolyte and non electrolyte topics.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengaruh penggunaan Lembar Kerja Siswa berbasis model SiMaYang  dalam meningkatkan self confidence dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X MIA SMAN 1 Natar. Sampel dalam penelitian ini dipilih dengan teknik clauster random sampling, siswa kelas X MIPA 6 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA 8 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain non equivalence pretest-posttest control group design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain self confidence sebesar 0,53, dan  n-Gain penguasaan konsep kelas eksperimen sebesar 0,71.  Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa LKS berbasis model SiMaYang berpengaruh sedang dalam meningkatkan self confidence dan berpengaruh tinggi dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

 

Kata kunci: elektrolit dan non elektrolit, lembar kerja siswa, SiMaYang, penguasaan konsep, self confidence

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta : Jakarta.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Raja grafindo Persada : Jakarta

Dincer, S. (2015). Effect of Computer Assited Learning on Student Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12(1), 99-118.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan H.H. Hyun. 2012. How to design and evaluate research in education 8th edition. McGraw-Hill, A Business Unit Of TheMcGraw-Hill Companies, Inc., 1221 Avenue of The Americas, New York,NY 10020.

Fuaidah, W.I. 2017. Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Dan Self Confidence Siswa. (skripsi). Universitas Lampung. Bandarlampung.

Ghufron, N. dan Rini R.S. 2011. Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Habibi, I. R., & Syarief, S. H. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia Meng-gunakan LKS dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3(1), 21-26.

Hake, R. R. 2002. Relationship of individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender,High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Tersedia pada http://www.physics. indiana. edu/~hake/ PERC2002h- Hake.pdf .diakses pada tangga 16 oktober 2017.

Hananto, R. A, Sunyono, Efkar, T. 2015. Lembar Kerja Siswa Konsep Larutan Elektrolit Dan Nonelektrolit dengan Model Simayang Tipe II. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Lampung. 4(1), 131-142.

Hermawanto, 2013. Pengaruh Blend-ed Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 9(1), 67-76.

Hermawati, N.W.M. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadapa Peguasaan Biologi dan Sikap Ilmiah Siswa SMA Ditinjau dari Minat Belajar Siswa. Makalah pada Universitas Pendidikan Ganesha, Bali.

Husain, R.H., Mulyani. S, & Wiji. 2013. Pengembangan Representasi Kimia Sekolah Berbasis Intertekstual Pada Submateri Teori Atom Dalton Dalam Bentuk Multimedia Pembelajaran. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia, 1(1), 52-59.

Jahjouh, Y. M. A. (2014). The Effectiveness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.

Keller, J. M. (2016). Motivation, learning, and technology: Applying the ARCS-V motivation model. Participatory Educational Research, 3(2), 1-15.

Lubis, M., Lufri, & Ahda, Y. 2016. Peningkatan Aktivitas dan Kompetensi Belajar Ipa Siswa dengan menggunakan model pembelajaran dicovery learning berbantuan LKS dikelas VII Mts. Muhammadiyah 22 padangsidim-puan. Jurnal eksakta. 1(1), 26-37.

Misnawi. 2014. Pemanfaatan lembar kerja siswa dalam meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III SD. Pedagogia. 3(1), 45-53.

Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapan-nya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.

Permendikbud. 2016. Permendikbud RI Nomor 24 tahun 2016. Mendikbud : Jakarta

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Suhendri, H. 2012. Pengaruh Kecer-dasan Matematis-Logis, Rasa Percaya Diri, dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Maematika dan Pendidikan MatematikaUNY.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. JICA UPI: Bandung.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia

Sunyono, Yuanita, L.& Muslimin, I. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Sciense Education International, 26(2), 104-125.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan, dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Karya.

Widjajanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa. Pendidikan Kimia FMIPA.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.