LKS MATERI SIFAT KOLIGATIF LARUTAN NON-ELEKTROLISIS BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS
Abstract
Telah dilaksanakan Penelitian menggunakan metode R&D untuk mengembangkan LKS sifat koligatif larutan non-elektrolit LKS berdasarkan KPS. Tujuan penelitian ini tidak hanya mengembangkan tetapi juga untuk mendeskripsikan karakteristik, respon guru dan siswa tentang LKS yang dikembangkan. Hasil dari validasi ahli menyatakan bahwa LKS yang dikembangkan valid dengan kriteria sangat tinggi. Respon guru terhadap kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan, dan kemenarikan terhadap LKS yang dikembangkan memiliki kriteria sangat tinggi. Respon siswa juga memiliki kriteria sangat tinggi pada aspek keterbacaan, dan kemenarikan.
Kata kunci: lembar kerja siswa , keterampilan proses sains, sifat koligatif larutan non-elektrolit
Full Text:
PDFReferences
Abrami, P.C., Bernard, R.M., Borokhovski, E., Nade, A., Surkes, M.A., Tmim, R. dan Zhang D. 2008. Introctional Inteventions Affecting Critical Strong I Meta-Analysis. Journal of American Educational Research Assocration., 78(4):1102-1134
Ango, M. L. 2002. Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. Inter. J. Educol., 16(1):11-30.
Arikunto. 1997. Penilaian Program Pendidikan. Edisi III. Bina Aksara. Jakarta.
Bundu, P. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Depdiknas. Jakarta.
Chusnani, A. 2013. Pendidikan Karakter melalui Sains. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan. 1(1):9-13.
Darmayanti, N.W.S., Sadia, W. dan Sudiatmika, A.A.I. A. R. 2013. Pengaruh Model Collaborative Teamwork Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Ditinjau dari Gaya Kognitif. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Sains, 3(1):1-12
Eka, A. 2015. Pengembangan LKS berbasis Keterampilan Proses Sains pada Materi Stokiometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(1):92-103.
Erryanti, M.R. dan Poedjiastoeti. 2013. Lembar Kerja Siswa (LKS) Berorientasi Keterampilan Proses Materi Zat Aditif Makan untuk Siswa Tunarungu SMALB-B. Jurusan Kimia FMIPA UNES, 2(1):51-58
Gabel, D. 1999. Improving Teaching and Learning through Chemistry Education Research: A look to the Future. Journal of chemical education, 76(4):548-554.
Gultepe, N. dan Kilic, Z, 2015. Effect of Scientific Argumentation on the Development of Scientific Process Skills in the Context of Teaching Chemistry. International Journal of Environmental & Science Education, 10(1), 111-132.
Karsli, F. dan Sahin, C. 2009. Developing worksheet based on science process skills: Factors affecting solubility. In Asia-Pacific Forum Sci. Learn. and Teach, 10(1):4-16.
Machin, A. 2014. Implemenasi Pendekatan Saintifik Penanaman Karakter dan Konservasi Pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jakarta, 3(1):28-35
Rahmawati, R, Rahmawati., R Haryani, S. dan Kasmui, 2014. Penerapan Praktikum Berbasis Ikuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Kimia FMIPA UNS. 8(2): 1390:1397.
Rohaeti, E.,LFX,E.W. dan Padmaningrum, R.T.2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Inovasi Pendidikan, 10(1):1-11.
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.
Sukmadinata. 2010. Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya Offset. Bandung.
Supardi, 2009. Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia Dari Internet Pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa SMA. Universitas Negeri Semarang. Semarang.
Tim Penyusun. 2012. Panduan Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Kemendikbud. Jakarta.
Purnomo, D., Indrowati, M. dan Karyanto, P. 2013. Pengaruh Penggunaan Modul Hasil Penelitian Pencemaran di Sungai Pepe Surakarta sebagai Belajar Biologi Pokok Bahasan Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi UNS, 5(1):59-69
Wardani, S., Widodo, A.T. dan Priyani, N.E. 2009. Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan KPS Beriorientasi Problrm-Based Instruction. Jurnal kimia FMIPA Universitas Negri Semarang, 3(1):391-399
Widowati. A. 2010. Brain-Storming Sebagai Alternatif Pe-ngembangan Berfikir Kreatif dalam Pembelajaran Sains Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi FMIPA UNY, 2(3):1-6
Refbacks
- There are currently no refbacks.