PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA SIFAT KOLIGATIF LARUTAN ELEKTROLIT BERBASIS KETERAMPILAN PROSES SAINS

Sinta Chintia Tampubolon, Ila Rosilawati, Noor Fadiawati

Abstract


Student worksheets on colligative properties of electrolyte solutions science process skills-based have been developed by using R&D method. Developed student worksheets have been validated with the result of it in high criteria. The limited testing was done to find out teachers responses about develop stuents worksheet. Based on teachers responses the suitability of content, construction, readability, and attractiveness aspect of it has very high category. Based on students responses,the readability and attractiveness aspect of it has very high category.

Lembar kerja siswa sifat koligatif larutan elektrolit berbasis keterampilan proses sains telah dikembangkan menggunakan metode R&D. Pengembangan lembar kerja siswa telah divalidasi dengan kriteria sangat tinggi. Pada uji coba lapangan awal telah dilakukan untuk mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap pengembangan lembar kerja siswa. Berdasarkan tanggapan guru terhadap aspek kesesuaian isi, konstruksi, keterbacaan dan kemenarikan memiliki kategori sangat tinggi. Berdasarkan tanggapan siswa pada aspek keterbacaan dan kemenarikan juga memiliki kategori yang sangat tinggi.

Kata kunci: keterampilan proses sains, lembar kerja siswa , sifat koligatif larutan elektrolit

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 1997. Penilaian Program Pendidikan edisi III. Jakarta : Bumi Aksara

Astuti, L. 2013. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Inquiry Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperaif pada materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. 2 (1) : 88-92.

Champlain, D.A.F. 2010. A Primer on Classical Test Theory and Item Response Theory for Assessment in Medical Education. Journal Medical Education. 8 (2) : 109-117

Eka, A. 2015. Pengembangan LKS berbasis keterampilan proses sains pada materi stokiometri. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4 (1) : 92-103

Hayati. T dan Rochman, N . 2012. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Praktek Belajar Kewargnegaraan (Project Citizen) . Jurnal Ilmiah CIVIS. 2 (2)

Hartono. 2017. Profil Keterampilan Proses Sains Mahasiswa Program Pendidikan Jarak Jauh S1 PGSD Universitas Sriwijaya. Proceding of The First International Seminar on Science Education, 27 Oktober 2007. Bandung

Irawan, D.S., Gafar,A.A,. dan Lukman,D.H,. 2014. Pengembangan Model Evaluasi Pembelajaran Project Based Learning Berbasisi Logika Fuzzy. INVOTEC. 10 (1) : 13-34

Istianah. 2013. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) Kimia yang disusun oleh Umi Latifah Materi Pokok Sifat Koligatif Larutan Berdasarkan Standar Isi (SI) Terhadap Peningkatan Prestasi dan Motivasi Belajar Siswa Kelas XII MAN Maguwoharjo Yogyakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi. Yogyakarta : UIN-Sunan Kalijaga.

Mulyani, M. 2012. Implementasi Kurikulum Level Mikro melalui Model Cooperative Learning Tipe Team Games Turnament (TGT) pada pembelajaran kimia SMA. Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Mutiara. T, A, Imam, K, S,. dan Mantini .2014. Keefektifitas Pendekatan Keterampilan Proses Sains berbantuan LKS pada pembelajaran kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan. 4 (1): 109-117.

Okhee. L. 2006. Science Inquiry and Student Diversity: Enchanced Abilities and Countinuing difficulties After an Instructional Intervention. Journal of Research in Science Teaching. 43 (7): 607-636

Patrick,L. 2009. Motivation of Learning Science in Kindergarten: Is There a Gender Gap and Does Integrated Inquiry and Literacy Instruction Make a Difference. Journal of Research in Science Teaching. 46 (2): 166-191

Putu, I. M. 2012. Pengaruh model pembelajaran inkuiri bebas terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gianyar ditinjau dari sikap ilmiah. Artikel Prodi Pendidikan IPA Program Pascasarjana. Bali : Universitas Pendidikan Ganesha.

Rohaeti, E., Widjajanti, E,. dan Padmaningrum, R.T. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia untuk SMP. Inovasi Pendidikan. 10 (1): 1-11

Sabatinie, I. 2013. Pengembangan LKS Praktikum berbasis Inkuiri pada Subpokok Materi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. Skripsi. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Pernanda Media Group

Saputra, A. 2013. Pengem-bangan LKS Faktor-Faktor Penentu Laju Reaksi Berbasis Keterampilan Proses Sains. Skripsi. Bandar Lampung : Universitas Lampung.

Severo, M., Rita, G., Daniel, M., Teresa, K., Adelina, F.L.M., dan Isaura, M. 2012. Reliability Evidence for Examination Cut Scores within a Medical School. Journal of Education and Learning. 1 (7) : 77-83

Siwa. I. B,. Muderawan. I. W,. dan Tika. I. N,. 2013. Pengaruh pembelajaran berbasis proyek dalam pembelajaran kimia terhadap KPS ditinjau dari gaya kognitif siswa. E-journal Program Pascasarjana Universitas Ganesha. 3 (1): 1-13

Sudarman. 2007. Problem Based Learning Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. Jurnal Pendidikan Inovasi. 2 (2) : 68-82

Sudjana, N. 2005. Metode Statistik. Tarsito. Bandung

Sukmadinata. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Remaja Rosa-dakarya. Bandung

Tim Penyusun. 2003. Undang-Undang Republik Indonsesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.

Tim Penyusun. 2010. Panduan Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK. Jakarta : Direktorat Pembinaan Menengah Atas

Wardani, Sri,. Tri, Antonius, W., dan Eka, N.P. 2009. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Keterampilan Proses Sains Berorientasi Problem-Based Instruction. Jurnal Iovasi Pendidikan Kimia. 3 (1) :391-399.

Widjajanti,E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah Seminar Pelatihan Penyusunan LKS untuk guru SMA/MAK pada kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat. Jurusan Pendidikan FMIPA. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta

Widodo, A. 2013. Development of Student Worksheets Science Process Skills Based on The Acid-Base Material. Jurnal Pendidikan Kimia 1 (2) :1-14.

Yuli, S. E,. dan Gusti, I. M. S,. 2012. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Interaktif pada materi sifat koligatif larutan sebagai media sumber belajar siswa kelas XII IPA. Journal of chemical education. 1 (2): 46-53


Refbacks

  • There are currently no refbacks.