Efektivitas LKS Berbasis KPS Asam-basa dalam Meningkatkan KPS Siswa Berdasarkan Kemampuan Kognitif

Antika Atsna Rafalesia, Noor Fadiawati, Nina Kadaritna

Abstract


This research was aimed to describe the effectiveness of acid-base worksheets based science process skills (SPS) to improve students' SPS based on cognitive ability. The method of this research was quasi-experimental with the 2x2 factorial design. The population of this research were all students of XI science at SMAN 16 Bandarlampung. The samples were XI science 4 as control class and XI science 6 as experiment class. The Instrument in this research were students' worksheets based on SPS and conventional, pretest and posttest questions and attitude assessment sheets. The two ways ANOVA test, t test and Mann Whitney test were used as data analysis technique. The result showed that students' worksheets based SPS effective on improving students' SPS and there was no interaction between learning by students' worksheets based on SPS and cognitive ability to students' SPS.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis KPS pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) siswa berdasarkan kemampuan kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMAN 16 Bandarlampung. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA 4 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 6 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu LKS berbasis KPS, LKS konvensional, soal pretes dan postes serta lembar penilaian sikap. Teknik analisis data yang digunakan adalah ANOVA dua jalur, uji-t dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKS berbasis KPS efektif meningkatkan KPS siswa dan tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan LKS dan kemampuan kognitif terhadap KPS siswa.

Kata kunci: asam-basa, kemampuan kognitif, KPS, LKS


Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. dan Rahma E. 2009. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Akinbobola, A. O. dan Afolabi F. 2010. Analysis of science process skills in West African senior secondary school certificate physics practical examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research. 5(4): 234-240.

Ali, L. U., Suastra I. W. dan Sudiatmika A. R. 2013. Pengelolaan Pembelajaran IPA Ditinjau dari Hakikat Sains Pada SMP di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Pendidikan IPA. 3(1): 1-11.

Anderson, L.W. dan Krathwohl D. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A RevisionsBlooms Taxonomy of Educational Objectives. New York. Addison Wesley Longman, Inc.

Anitah, S. 2007. Strategi Pembelajar-an Kimia. Jakarta: Universitas Terbuka.

Desstya, A., Haryono, dan Saputro S. 2012. Pembelajaran Kimia Dengan Metode TGT Menggunakan Media Animasi Dan Kartu Ditinjau Dari Kemampuan dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Inkuiri. 1(3): 37-45.

Devi, P. K. 2008. D.A.R.T.S Using Work Sheets for Developing Process Skills and Critical Thinking with Pencil and Paper Tasks an Experiment Study in Chemistry Senior High School at Colligative Properties Concept. [online]. Diakses pada 10 Februari 2017. Tersedia : http://ojs.voctech.org/index. ph p/seavern/article/view/128/121.

Diara, Noor F., Lisa T. 2017. KPS pada Pembelajaran Hukum-hukum Dasar Kimia Berdasarkan Kemampuan Kognitif. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Lampung. 6(1): 38-50.

Etikasari, M., Ila, R. dan Lisa, T. 2015. Efektivitas pendekatan ilmiah pada Materi Asam Basa dalam Meningkatkan Keterampilan Mengorganisasikan. Bandar lampung. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Lampung. 4(1): 42-55.

Fadiawati, N. 2014. Ilmu Kimia Sebagai Wahana Mengembangkan Sikap dan Keterampilan Berpikir. Majalah Eduspot. FKIP. Universitas Lampung, 10: 8-9.

Fraenkel, J. R. and Wallen, E. 2013. How to Design and evaluate Reaearch in education. New York: McGraw-Hill Inc.

Hake, R. 1999. Analizing Change/ Gain Scores. [Online]. Tersedia di: www.physics. Indiana.edu/~ sdi/AnalyzingChangeGain.pdf diunduh pada 03 Maret 2017.

Herawati, R. F., Mulyani, S. dan Redjeki, T. 2011. Pembelajaran Berbasis Multiple Representasi Ditinjau dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Laju Reaksi Siswa SMAN I Karanganyar Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan KimiaUniversitas Lampung. 2(2): 38-43.

Kurniati, T. 2001. Pembelajaran Pendekatan Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Tesis tidak diterbitkan. Bandung: UPI Bandung.

Kuspriyanto, B. dan Siagian. 2013. Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Teknologi Pendidikan. 6(2): 134-258.

Lailiyah, S. 2007. Pengaruh Penggunaan Pendekatan Inquiry terhadap Kemampuan Psikomotorik Ditinjau dari Kemampuan Kognitif Mahasiswa Jurusan PMIPA UNS Tahun Ajaran 2006/2007. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: UNS.

Listyawati, M. 2012. Pengembangan perangkat pembelajaran IPA Terpadu di SMP. Journal of Innovative Science Education. 1(1): 61-69.

Mudalara, I. P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gianyar Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. 2(2): 2-22.

Ningsih, S. M. dan Sopyan A. 2012. Implementasi Model Pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Physics Education Journal. 1(2): 44-52.

Ozdemir, G. dan Dikici, A. 2017. Relationship Between Science Process Skills and Scientific Creativity: Mediating Role of Nature of Science Knowledge. Journal of Education in Science, Environment and Health. 3(1): 51-68.

Pratomo, Y. 2012. Efektivitas Pendekatan Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Kognitif Siswa dalam Pembelajaran IPA Materi Pemanasan Global. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sudbudhy, E. R. 2010. Pembelajaran Masa Kini. Jakarta: Sekarmita.

Sudjana. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT Tarsito.

Sunarya, Y., Siska, M. dan Kurnia. 2013. Peningkatan KPS Siswa SMA Melalui Pembelajaran Praktikum Berbasis Inkuiri pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Riset dan Praktik Pendidikan Kimia. 1(1): 69-75.

Susanti, L. B dan Poedjiastoeti S. 2015. Pengembangan LKS berbasis Guided Inquiry untuk Melatih Keterampilan Proses Sains pada materi Laju Reaksi kelas XI SMA. Journal of Chemical Education. 4(2): 10-11.

Tarhan, S. 2009. Calibration of Comprehension and Performance in L2 Reading. International Electronic Jurnal of Elementary School 2(1):167-169.

Tim Penyusun. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar. Jakarta: BSNP.

Tim Penyusun. 2013. Pengembangan Kurikulum 2013. Paparan Mendikbud dalam Sosialisasi Kurikulum 2013. Jakarta : Kemendikbud.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No 59 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 SMA/ MA. Jakarta: Kemendikbud.

Trianto. 2008. Mendesaian Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning) di kelas. Jakarta :Prestasi Pustaka Publisher.

Trianto. 2010. Desain Model Pembelajaran Inovatif Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada KTSP. Bandung: Kencana Prenada Media Group.

Ulfah, A., Ramadan, S. dan Rasmawan, R. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Keterampilan Proses Sains Pada Materi Koloid di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 3(10): 1-11.

Upahi, J. E. dan Olorundae, A. S. 2012. Difficulties Faced by Nigerian Senior High School Chemistry Students in Solving Stoichiometric Problems. Journal of Education and Practice. 3(12),181-189.

Walters, Y. B. dan Soyibu, K. 2001. An Analysis of High School Students Performance on Five Integrated Science Process Skills. Research in Science & Technological Education. 19(2): 133-145.

Widodo, A. 2013. Pengembangan LKS Berbasis KPS Materi Asam Basa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandarlampung: Universitas Lampung.

Wisdawati, A. W., dan. Sulistyowati E. 2014. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Wuni, N., Ila, R. dan Tasviri, E. 2013. Analisis Kemampuan Mem-berikan Alasan dan Menginterpretasi Pernyataan. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Lampung. (2) 1: 40-53.

Yensy, N. A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di KelasVIII SMPN 1 Arga makmur. Jurnal Exacta. 10(1): 24-35.

Zeidan, A. H. dan Jayosi, M. R. 2015. Science process skills and attitudes toward science among palestinian secondary school students. World journal of Education. 5(1): 13-24.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.