Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar Materi Larutan Penyangga

Wanda Septianingrum, Ratu Betta Rudibyani, Lisa Tania

Abstract


This research was aimed to describe the practicality, effectiveness, and effect size of discovery learning model to improve fluency thinking skill of buffer solution topics. This research used poor experimental method with one group pretest-posttest design. Students of SMAN 1 Gadingrejo for 2016/2017 academic years at XI IPA 1 class was used as sample which it was obtained by using cluster random sampling. Practicality was measured by implementation of discovery learning model and students response. Effectiveness was measured by basis of teacher ability, students activity, and the students skill of fluent thinking and effect size measurement. The results showed that discovery learning model was practice, effective, and has big effect size in improve fluency thinking skill of buffer solution topics.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan dan ukuran pengaruh model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini menggunakan metode poor experimental dengan one group pretest-posttest design. Peserta didik SMAN 1 Gadingrejo tahun pelajaran 2016/2017 di kelas XI IPA 1 digunakan sebagai sampel yang diperoleh dengan menggunakan cluster random sampling. Kepraktisan ditentukan berdasarkan keterlaksanaan model discovery learning dan respon peserta didik. Keefektivan ditentukan berdasarkan kemampuan guru, aktivitas peserta didik, dan kemampuan berpikir lancar peserta didik dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model discovery learning praktis, efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir lancar peserta didik pada materi larutan penyangga.

Kata kunci: discovery learning, keterampilan berpikir lancar, larutan penyangga


Full Text:

PDF

References


Anissa, N.Y., Zainudin, & A. Salam. 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMP pada Pokok Bahasan Cahaya dengan Model Penemuan Terbimbing. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1): 1-14.

Baharuddin, E.N.W. 2010. Teori belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Ar-ruzz Media.

Bao, L. 2006. Theoritical Comparisons of Average Normalized Gain Calculations. American Journal of Physics, 74 (10) : 917-922.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a MetaAnalysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1) : 99-118.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education 8th edition. New York: Mc Grow-Hill.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Avaible: http://www.physics. indiana.edu/hake. [16th Februari 2017]

Haristy, D., Enawaty, E., & Lestari, I. 2013. Pembelajaran Berbasis Literasi Sains pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit di SMA 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 2 (12) : 1-13.

Inam, A. 2017. Learning Geometry through Discovery Learning Using a Scientific Approach. International Journal of Instruction, 10 (1) : 55-70.

Indriani, F., Rudibyani, R.B., & Efkar, T. 2017. Penerapan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Lancar pada Materi Elektrolit Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (3) : 156-168.

Istiana, G.A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Preatasi Belajar Peserta didik Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Peserta didik Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4 (2) : 65-73.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction Journal of Turkish Science Education, 11 (4) : 3-16.

Mergendoller, J R., Maxwell, N. L., & Bellisimo, Y. 2006. The Effectiveness of Problem Based Intruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. The Interdiscriplinary Journal of Problem Based Learning, 1 (2) : 1-69.

Mumford, M. D., Medeiros, K. E., & Partlow, P. J. 2012. Creative Thinking: Processes, Strategies and Knowledge. Journal of Creative Behaviour,46(1):30-47.

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Murdiandari, W., Fadiawati. N., & Tania, L. 2015. Pembelajaran Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (2) : 1-12.

Muzaki, A. 2014. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Siswa MTs Negeri 1 Jonggat dengan Pembelajaran Tasc (Thinking, Actively dan Social Context) pada Materi Segitiga. Jurnal Media Pendidikan Matematika. 2(1) : 197-202.

Noviasari, E., Fadiawati, N., dan Rudibyani, R. B. 2014. Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Lancar pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(2): 1-12.

Nurdin, S. & Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Permendikbud. 2014. Permendikbud N0. 59 tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Jakarta.

Putrayasa, I.M., Syahruddin, S.P., & Margunayasa, I.G. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Peserta didik. Jurnal MIMBAR PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1) : 1-11.

Rohim, F., & Susanto, H. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1 (1) : 1-5.

Santika, A.D., Rudibyani, R.B., & Efkar, T. 2017. Penerapan Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Luwes pada Materi Elektrolit Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 5 (3): 143-155.

Siswono. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik melalui Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Matematika. Makalah disajikan dalam Simposium Nasional Penelitian Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya, Jakarta, 16 Januari.

Sri, A.A. 2012. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif GI Terhadap Pemahaman Konsep Kimia dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik SMAN 3 Denpasar. Jurnal Pendidikan IPA, 2 (1) : 1-24.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung : PT Tarsito.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi Dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Kimia Dasar Peserta Didik. Disertasi tidak diterbitkan. Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.

Supriyanto, B. 2014. Penerapan Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas VI B Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Lingkaran di SDN Tanggul Wetan 2 Kecamatan Tanggul Kabupaten Jember. Pancaran Pendidikan, 3(2): 165-174.

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : PT Bumi Aksara.

Tumurun, S.W., Gusrayani, D., & Jayadinata, A.K. 2016. Pengaruh Pembelajaran Model Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik pada Materi Sifat-Sifat Cahaya. Jurnal Pena Ilmiah,1 (1) : 1-10.

Utomo, T., Wahyuni, D., & Hariyadi, S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik (Peserta didik Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012/2013). Jurnal Edukasi, 1(1): 5-9.

Winarti, T. & Nurhayati, S. 2014. Pembelajaran Praktikum Berorientasi Proyek Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep. Jurnal Inovasi Pedidikan Kimia, 8 (2) : 1409-1420.

Wang, C. Y. 2015. Scaffolding Middle School Students Constructions of Scientific Explanation: Comparing a Cognitive Versus a Meta-cognitive Evaluation Approach. International of Science Education. 37(2): 237-271.

Yaumi, Wisanti, & Admoko, S. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Peserta didik SMP Kelas VII. Jurnal Unesa, 5 (1): 38-45.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.