Pengaruh Scaffolding dalam Pembelajaran SiMaYang untuk Meningkatan Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep

Verlia Santi, Sunyono Sunyono, Ila Rosilawati

Abstract


This research was aimed to describe an effect of scaffolding strategy in SiMaYang learning model to improving self-efficacy and student's concept mastery on oxidation-reduction reaction topic. This research was conducted in SMA N 10 Bandarlampung used a quasi-experiment method with pretest-posttest control group design. The sample of the research was X MIA 1 as the control class and X MIA 2 as the experimental class by purposive sampling. Effect of scaffolding strategy to improving self-efficacy and student's concept mastery was measured by t test of n-gain and effect size test. The result showed that learning used SiMaYang learning model with scaffolding strategy can improve self-efficacy and student's concept mastery on oxidation-reduction reaction topic.

Tujuan dari Penelitian ini adalah mendeskripsikan pengaruh strategi scaffolding dalam model pembelajaran SiMaYang untuk meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi reaksi redoks. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 10 Bandarlampung menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel pada penelitian ini adalah kelas X MIA I sebagai kelas kontrol dan kelas X MIA II sebagai kelas eksperimen yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Besarnya pengaruh strategi scaffolding terhadap peningkatan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa ditentukan dengan uji t n-gain dan uji effect size. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan model SiMaYang dengan strategi scaffolding dapat meningkatkan efikasi diri dan penguasaan konsep siswa pada materi reaksi redoks.

Kata kunci: efikasi diri, model pembelajaran SiMaYang, penguasaan konsep, scaffolding


Full Text:

PDF

References


Afdila, D., Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan Simayang Tipe II Berbasis pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4(1): 248-261.

Anghileri, J. 2006. Scaffolding Practices That Enhance Mathematics Learning. Journal of Mathematics Teacher Education, 9(1): 33-52.

Ambarsari, W. Santosa, S., dan Maridi, M. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi, 5(1): 81-95.

Arikunto, S. 2006. Penilaian Program Pendidikan Edisi III. Jakarta: Bina Aksara.

Bandura. 1997. Self-efficacy: Toward a Unifying Theory of Behavioral Change. Psychological Review, 84(2): 191-215.

Brahim, T. 2007. Peningkatan Hasil Belajar Sains siswa kelas IV Sekolah Dasar, Melalui Pendekatan pemanfaatan Sumber Daya Alam Hayati di Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan, 09(1): 37-49.

Dincer, E. 2015. Effect Of Computer Assisted Learning On Students Achievement in Turkey: a Meta-Analysis. Journal Of Turkish Science Education, 12(1): 99-118.

Harahap, D. 2008. Analisis Hubungan Antara Efikasi Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Padangsidimpuan: Umts, 3(1): 45.

Izzati, Sunyono, dan Efkar, T. 2015. Penerapan Simayang Tipe II Berbasis Multiple Representasi Pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 1(4): 262-274.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Kurbanoglu. 2003. Self-Efficacy: A Concept Closely Linked To Information Literacy And Lifelong Learning. Journal Of Documentation, 59(6): 635-646.

Mamin, R. 2008. Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding pada Pokok Bahasan Sistem Periodik Unsur. Jurnal Chemica, 10(2): 56-60.

Mathews, I. G. 2005. Self Efficacy: A Review. ABCD Journal. 25(2): 1-4.

Mergendoller, J R., Maxwell, N. L., dan Bellisimo, Y. 2006. The Effectiveness of Problem Based Intruction: A Comparative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. The Interdiscriplinary Journal of Problem Based Learning, 1(2): 1-69.

Schwoerer, C.E dan May, D.R. 1996. Age and Work Outcomes: The Moderating Effects of Self Efficacy and Tool Design Effectiveness. Journal of Organizational Behavior. 17(2): 469-487.

Soleha, I., Sunyono dan Sofya, M. 2015. Perbandingan SiMaYang Tipe II dengan Problem Solving Terhadap Efikasi Diri dan Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. 4(3): 973-984.

Stone, A. 1998. The Metaphor of Scaffolding: Its Utility for the Field of Learning Disabilities. Journal of Learning Disabilities. 3( 4): 344-364.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunyono. 2013. Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Modelsimayang). Bandar lampung: Aura Publishing.

Tim Penyusun. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud RI Nomor 59 Tahun 2014. Jakarta: Depdiknas.

Wang, C.Y. 2014. International Journal of Science Education, 37(2): 237271.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan, dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Karya.

Widyaninggar, A.A. 2014. Pengaruh Efikasi Diri dan Lokus Kendali (Locus Of Control) Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 4(2): 89-99.

Yensy, N. A. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples dengan Menggunakan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMPN 1 Argamakmur. Jurnal Exacta, 10(1): 24-3.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.