LKS Asam Basa Berbasis Pendekatan Ilmiah dalam Meningkatkan KPS Ditinjau dari Sikap Ilmiah

Niddia Raisa Marta, Ila Rosilawati, Nina Kadaritna

Abstract


This quasi experiment with 2x2 factorial design was aimed to describe the effectiveness of students worksheets based on scientific approach on the acid base topic to improve the science process skills (SPS) viewed from scientific attitude. The samples in this research obtained by purposive sampling. Instruments used were students worksheets based scientific approach and conventional, pretest, postest questions, and scientific attitude assesment sheets. Data analysis used two ways ANOVA analysis and t-test. The result of this research showed that: There was no interaction between learning with students worksheets and students scientific attitude towards students SPS; learning by using students worksheets based on scientific approach was effective to improve SPS; students SPS with high and low scientific attitude on learning by using students worksheet based on scientific approach was higher than the conventional student worksheets; students SPS with high scientific attitude was higher than low scientific attitude on learning by using students worksheet based on scientific approach.

Penelitian kuasi ekperimen dengan desain faktorial 2x2 ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas lembar kerja siswa (LKS) berbasis pendekatan ilmiah pada materi asam basa untuk meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) ditinjau dari sikap ilmiah. Sampel pada penelitian ini diambil dengan teknik pusposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah LKS berbasis pendekatan ilmiah, soal pretes dan postes, serta lembar penilaian sikap ilmiah. Analisis data menggunakan ANOVA dua jalur dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan: Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran menggunakan LKS dengan sikap ilmiah siswa terhadap KPS; pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah efektif untuk meningkatkan KPS; KPS siswa dengan sikap ilmiah tinggi dan rendah pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah lebih tinggi dibandingkan LKS konvensional; KPS siswa dengan sikap ilmiah tinggi lebih tinggi dibandingkan sikap ilmiah rendah pada pembelajaran menggunakan LKS berbasis pendekatan ilmiah.

Kata kunci : asam basa, KPS, LKS, pendekatan ilmiah, sikap ilmiah

Full Text:

PDF

References


Aida, E.N. 2015. Efektifitas Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Scientific Approach Dengan Model Kooperatif Tipe Think-Talk-Write Terhadap Keterampilan Komunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Sains, 3(3): 1-8.

Anisa, D. N. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran POE dan Sikap Ilmiah Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Materi Asam, Basa, dan Garam kelas VII SMP N 1 Jaten. Jurnal Pendidikan Kimia, 2(2): 16-23.

Eva, D. P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dengan Peta Konsep terhadap Kemampuan Metakognitif dan Hasil Belajar Biologi Siswa SMA N 3 Sukoharjo. Jurnal Inquiri, 1(2).

Fraenkel, J. R., N. E. Wallen, & H. H. Hyun. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGraw-Hill.

Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indrianto, L. 1998. Pemanfaatan Lembar Kerja Siswa dalam Pengajaran Matematika Sebagai Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika. Skripsi. IKIP Semarang: Tidak diterbitkan

Katimo, Suparmi, dan Sukarmin. 2016. Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Menggunakan Metode Eksperimen dan Demonstrasi Terhadap Prestasi Belajar dan Kreativitas Ditinjau Dari Sikap Ilmiah. Jurnal Inkuiri. 5(2), 87-93.

Krismanto, A. 2003. Beberapa teknik, model, dan strategi dalam pembelajaran matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Lestari, W. T., Utami, B., & Masykuri, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Disertai dengan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Kreativitas Siswa Pada Materi Kelarutan d an Hasil Kali Kelarutan Siswa Kelas Xi IPA 4 SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2): 28-35.

Mudalara, I. P. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Bebas terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Gianyar Ditinjau dari Sikap Ilmiah. Jurnal Pendidikan IPA, 2(2).

Musaropah, N. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Scientific Pada Sub Tema Gaya dan Gerak. Jurnal Pendidikan, 2(2): 74-76.

Nuh, U. 2010. Fisika Online: Keterampilan Proses Sains. Artikel Pendidikan. Diakses pada tanggal 24 Desember 2016 dari http://fisikasmaonline.blogspot.com/keterampilan-proses-sains.html.

Nuriyawan, H., A. Ashadi, dan W. A. E. Setyowati. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Posing Dilengkapi Media Pembelajaran Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Stoikiometri Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(3): 77-86.

Peraturan Menteri No. 59 tentang Kurikulum SMA Lampiran III. 2013. Jakarta: Kemdikbud.

Putra, N. A. R., A. Abdurrahman, dan W. Suana. 2015. Pengaruh Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(4): 33-42.

Rohaeti, E., LFX. W. Endang, dan R. T. Padmaningrum. 2009. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Sains Kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1): 1-11.

Santika, N., N. Kadaritna, dan N. Fadiawati. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Teori Tumbukan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(3): 352-364.

Sayekti, I. C. 2012. Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi Ditinjau dari Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri Universitas Sebelas Maret, 1(2): 142-153.

Sudjana, N. 2005. Metode Statistika edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Suciati, N.N.A., I.B.P. Arnyana, dan I.G.A.N. Setiawan. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetik-Deduktif dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4.

Trianto. 2008. Mendesain Pembela-jaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) di Kelas. Jakarta: Cerdas Pustaka Publisher.

Veloo, A., P. Selvan, dan R.Vikneswary. 2013. Inquiry Based Instruction, Students Attitudes and Teachers Support Towards Science Achievement in Rural Primary Schools. Procedia Social and Behavioral Sciences, 93: 65 69.

Wati, F.G., S. Wuryastuti, L. Suzanti. 2016. Pengaruh LKS Berbasis Saintifik Terhadap Kete-rampilan Proses Siswa Sekolah Dasar. Jurnal, 4(2): 1-12.

Widiyarini, A., I. Wilujeng. 2015. Pengembangan LKS IPA Berbasis Scientific Approach untuk Mengoptimalkan Learning Outcome Siswa MTs Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 3(2): 169-181.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.