LKS Inkuiri Terbimbing Mempengaruhi Peningkatan Keterampilan Mengidentifikasi Variabel dan Menentukan Langkah Kerja

Hanni Dwiputri, Nina Kadaritna, Sunyono Sunyono

Abstract


This study aimed to describe guided-inquiry based students worksheet affects the enhancement of identifying variables and determining procedures skills. Samples in this study were students of class X MIPA 8 as an experimental class (use guided-inquiry based students worksheet) and X MIPA 2 as a control class (use conventional students worksheet). The research method used quasi experimental with non equivalent pretest-posttest control group design. The result showed that averagen-gain for experimental class is higher than control class. It confirmed that the guided inquiry based students worksheetaffects the enhancement of students identifying variables and determining procedures skills.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap peningkatan keterampilan mengidentifikasi variabel dan menentukan langkah. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 8 sebagai kelas eksperimen (menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing) dan siswa kelas X MIPA 2 sebagai kelas kontrol (menggunakan LKS konvensional). Metode dalam penelitian ini menggunakan kuasi eksperimental dengan desain non ekuivalen pretes-postes kontrol grup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata n-gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Artinya, penggunaan LKS berbasis inkuiri terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan siswa dalam mengidentifikasi variabel dan menentukan langkah kerja.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, larutan elektrolit dan non-elektrolit, LKS, menentukan langkah kerja, mengidentifikasi variabel


Full Text:

PDF

References


Abu Jahjuoh, Y. M. (2014). The Effectivness of Blended E-Learning Forumin Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4), 3-16.

Akinbobola, A. O., & Afolabi, F. (2010). Analysis of science process skills in West African senior secondary school certificate physics practical examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research, 5(4), 234-240.

Almiftian, F. S. (2013). Analisis PhET pH Scale dalam Membangun Konsep Larutan Asam Basa dan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Disertasi . Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Carolin, Y., Saputro, S., & Saputro, A. N. C. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Dilengkapi LKS untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar pada Materi Hukum Dasar Kimia Siswa Kelas X Mia 1 SMA Bhinneka Karya 2 Boyolali Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4), 46-53.

Damayanti, D. S., Ngazizah, N., Setyadi, E. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Dengan Pendekatan Inkuiri Terbimbing Untuk Mengoptimalkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Listrik Dinamis SMA Negeri 3 Purworejo Kelas X Tahun Pelajaran 2012/ 2013. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 3(1), 58-62.

Ergl, R., ??m?ekl?, Y., ali?, S., zd?lek, Z., Gmeneleb?, ?., & ?anli, M. (2011). The Effects of Inquiry-Based Science Teaching on Elementary School Students'science Process Skills and Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science & Education Policy, 5(1).

Habibi, I. R., & Syarief, S. H. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Kimia Menggunakan LKS dengan Pendekatan Keterampilan Proses. Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 3(1). 21-27.

Hake. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores. Diambil kembali dari http://www.physics. indiana.edu/~sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf

Iryani, Mawardi, & Andromeda. (2016). Pengaruh Penggunaan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Untuk Materi Koloid Kelas XI SMAN 1 Batusangkar. Eksakta, 1(1): 82-88.

Kind, P. M. & Kind, V. (2007). Creativity in Science Education: Perspectives and Challenges for Developing School Science. Studies in Science Education, 43: 1-37.

Maasawet, E. T. (2011). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas VII Smp Negeri VI Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/2011. BIOEDUKASI, 2(1).

Mizarwan, B. (2015). Pengaruh Lembar Kerja Peserta Didik Berorientasi Inkuiri Terbimbing Terhadap Kompetensi Ipa Kelas VII SMPN 2 Bukittinggi. Pillar Of Physics Education, 6(2). 41-48.

Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1). 35-44.

Permendikbud Nomor 59c tentang Kompetensi Dasar Kelompok Mata Pelajaran Peminatan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. 2014.

Pratiwi, D. M., Saputro, S., & Saputro, A. N. C. (2015). Pengembangan LKS Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pokok Bahasan Larutan Penyangga Kelas XI IPA SMA . Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 32-37.

Rohaeti, E., LFX, E. W., & Padmaningrum, R. T. (2009). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) mata pelajaran sains kimia untuk SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan, 10(1). 1-11.

Santoso, S. E. P. & Senam. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Materi Kimia Larutan Berbasis Potensi Lokal Pengolahan Limbah Daerah Bantul. Jurnal Pembelajaran Kimia, 5(5). 1-11.

Saputri, D. (2015). Efektivitas Pendekatan Saintifk pada Pembelajaran Larutan Elek-trolit dan Non-elektrolit dalam Meningkatkan Keterampilan Menganalisis Argumen. Skripsi. Skripsi tidak dipublikasikan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Silaban, R., Sitompul, S. M., Pasaribu, M. E., & Simanullang, T. W. (2015). Penyediaan Lembar Kerja Siswa Inovatif Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 13-17.

Sulistina, O., Dasna, I. W., & Iskandar, S. M. (2012). Penggunaan Metode Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa SMA Laboratorium Malang Kelas X. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 17(1), 82-88.

Sunyono. (2014). Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multipel Representasi dalam Membangun Model Mental dan Penguasaan Konsep Maha-siswa Kimia Dasar Mahasiswa. Disertasi. Program S3 Pendidikan Sains. Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya: tidak dipublikasikan.

Supardi, K. I., & Putri, I. R. (2010). Pengaruh penggunaan artikel kimia dari internet pada model pembelajaran creative problem solving terhadap hasil belajar kimia siswa SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 4(1). 576-581.

Tangkas, I. M. (2012). Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMAN 3 Amlapura. Jurnal Pendidikan IPA, 2(1).

Yulianti, D. (2017). Problem-Based Learning Model Used to Scientific Approach Based Worksheet for Physics to Develop Senior High School Students Characters. Journal of Physics: Conference Series, 824(1): 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.