Efektivitas LKS Berbasis Problem Solving dalam Meningkatkan Keterampilan Memprediksi dan Inferensi
Abstract
This research aims to describe the effectiveness of students worksheet based on problem solving on acid-base topics in improving predicting and inferring skills. The research used quasi-experimental method with pretest-posttest control group design that was applied in 11th science 1 as a control class and 11th science 4 as an experimental class at public senior high school 13 Bandarlampung. The result of this research showed of n-gain average in predicting and inferring skills was 0.60 for control class and was 0.71 for experimental class. This research concluded that students worksheet was effective in improving students predicting and inferring skills.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas LKS berbasis problem solving materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan inferensi. Desain penelitian ini kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design, sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI IPA 4 sebagai kelas ekperimen di SMA Negeri 13 Bandarlampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai n-gain keterampilan memprediksi dan inferensi siswa pada kelas kontrol sebesar 0,60 dan eksperimen sebesar 0,71. Kesimpulan penelitian ini adalah LKS berbasis problem solving pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan memprediksi dan inferensi siswa.
Kata kunci: asam-basa, keterampilan memprediksi dan inferensi, LKS berbasis problem solving
Full Text:
PDFReferences
Allamin, S. & Yonata, B. 2016. Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Asam Basa Kelas XI di SMAN Ploso Jombang. Journal of Chemical Education Unesa Vol. 5, No.2 pp 247-251.
Badan Satuan Naional Pendidikan (BSNP). 2006 . Standar Isi untuk Satuan Pendidikan dan Menengah.Jakarta: Permendiknas.
Creswell, J. W. 2014 . Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches. New Delhi: Sage Publications Inc.
Fitriyanto, F., Nurhayati, S. & Saptorini, S. 2012 . Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Larutan Penyangga Dan Hidrolisis. Journal of Chemistry in Education UNNES 1(1).
Hake, R. R. 2002 . Reliatonship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanis with Gender, High School Physics, dand Pretest Scoreon Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. (Online), (http://www.physics.indiana.edu/~hake/PERC2002h-Hake. pdf), diakses 12 Desember 2016.
Jannah, I. W. & Sukarna, I. M. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Studentcentered Untuk Pembeljaran Kimia Pada Materi Asam Basa Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kelas XI SMA/MA. Skripsi. Yogyakarta: UNY.
Maradona. 2013. Analisis Ketrampilan Proses Sains Siswa Kelas Xi Ipa Sma Islam Samarinda Pada Pokok Bahasan Hidrolisis Melalui Metode Eksperimen. Prosiding disajikan dalam Seminar Nasional Kimia 2013, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Mergendoller, J R., Maxwell, N.L., dan Bellisimo, Y. 2006. The Effectiveness of Problem BasedIntruction : A Com-parative Study of Instructional Methods and Student Characteristics. Journal of Interdiscriplinary Problem Based Learning. 1 (2).
Overton, T & Nicholas, P. 2008. Solving Open-Ended Problems, And The Influence Of Cognitive Factors On Student Success. Jurnal of Chem. Educ. Res. Pract., 2008, 9, 6569.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud). 2013. Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud.
Putra, R. A.G., Rudibyani, B.R. & Kadaritna, N. 2016 . Efektivitas Model Pembelajaran Poe Materi Elektrolit/Non-Elektrolit Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, Vol 4, No 3.
Saputra, H.A., Fadiawati, N. & Kadaritna, N. 2014 . Pembelajaran Menggunakan Pendekatan Ilmiah Dalam Meningkatkan Keterampilan Mengevaluasi Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Vol 3, No 1.
Saputri, G. E., Kadaritna, N. & Tasviri, E. 2013 . Peningkatan Keterampilan Prediksi Dan Inferensi Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia Vol 2, No 1.
Sari, E. M., Rosilawati, I., & Efkar, T. 2013. Peningkatan Keterampilan Mengkomunikasikan Dan Menyimpulkan Dengan Menggunakan Model Pem-belajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan dan Pem-belajaran Kimia Vol 2, No 1.
Shoimin, A. 2014 . Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Madia.
Silberberg, M. S. 2007 . Principles of General Chemistry. New York: McGraw-Hill.
Sudjana. 2005 . Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sunyono. 2012 . Buku Model Pembelajaran Multipel Representatif Model Si Mayang.Bandarlampung: Aura Printing & Publishing.
Tanrere, M. 2008. Environmental Problem solving In Learning Chemistry For High School Students. Journal of Applied Sciences in Environmental Sanitation, 3 (1): 47-50.
Yusuf, M. & Wulan, R.A. 2016. Penerapan Model Discovery Learning dan Webbed Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan KPS Siswa. Journal of Center For Science Education, 8 (1), 48-56.
Zikovelis, V & Georgious, T. 2006. Explicit Teaching Of Problem Categorisation And A Preliminarstudy Of Its Effect On Student Performance The Case Of Problems In Colligative Properties Of Ideal Solutions. Jurnal of Chemistry Education Research and Practice, 2006, 7 (2), 114-130.
Zubaidah, S., Mahanal, S., Yuliati, L. Sigit, D. 2014. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.