Penerapan Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil Materi Elektrolit/Non Elektrolit

Elya Rosa Kartika, Ratu Betta Rudibyani, Tasviri Efkar

Abstract


This research was aimed to describe the practicality, effectiveness, and effect size of discovery learning model to improve the ability of the students original thinking of solution electrolyte and non electrolyte topics. The research sample was X.2 class at SMAN 6 Metro which it was obtained by using cluster random sampling. This research used poor experimental method with one group pretest-posttest design. Practicality was measured by implementation of discovery learning model and students response. Effectiveness was measured by basis of teacher ability, students activity, and the ability of the students original thinking used difference of two average test and effect size test. The result of this research shown that the practicality and effectivity of discovery learning model had high criteria, n-gain average was 0.70 and effect size was 0.98.Based on them, discovery learning model was practical, effective, and big effect size to improve the ability of the students original thinking of solution electrolyte and non electrolyte topics.

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kepraktisan, keefektivan, dan ukuran pengaruh modeldiscovery learningdalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas X.2 di SMAN 6 Metro yang diperoleh dengan menggunakancluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metodepoor experimentaldenganone group pretest-posttest design. Kepraktisan ditentukan berdasarkan keterlaksanaan modeldiscovery learningdan respon siswa. Keefektivan ditentukan berdasarkan kemampuan guru, aktivitas siswa, dan kemampuan berpikir orisinil siswa menggunakan uji perbedaan dua rata-rata dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepraktisan dan keefektivan modeldiscovery learningberkriteria tinggi, nilai rata-ratan-gain sebesar 0,70 dan ukuran pengaruh sebesar 0,98. Berdasarkan hal tersebut, modeldiscovery learningpraktis, efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan kemampuan berpikir original siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Kata kunci:discovery learning, elektrolit dan non elektrolit, kemampuan berpikir orisinil


Full Text:

PDF

References


Awang, H., dan Ramly, I. 2008. Creative Thinking Skill Approach Thourgh Problem-Based-Learning: Pedagogy and Practice in The Engineering Classroom. Journal of Human and Social Science, 3 (1): 18-23.

Baharudin dan Wahyuni, E. N. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Diantini, Fadiawati, N., dan Rudibyani, R. B. 2015. Efektivitas Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Kemampuan Generating Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 4 (2): 391-402.

Dianti, R. 2014. Penggunaan Model Discovery Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil pada Materi Asam-Basa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 3(2):1-15.

Dincer, S. 2015. Effect of Computer Assisted Learning on Students Achievement in Turkey: a Meta Analysis. Journal of Turkish Science Education, 12 (1): 99-118.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., dan Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGrow-Hill.

Hake, R. R. 2002. Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mathematics with Gender, High School, Physics, and Pre Test Scores in Mathematics and Spatial Visualization. Physics Education Research Conference. Available: http://www.physics.indiana.edu/hake [20st of Januari 2017].

Heryaningsih, N. Y., Riyadi, dan Usodo, B. 2015. Pengembangan Model Intuition Based Learning (IBL) dengan Scientific Approach untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sragen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(9): 959-969.

Istiana, G. A., Catur, A. N., dan Sukardjo, J. S. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI Ipa Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(2): 65-73.

Jahjouh, Y. M. A. 2014. The Effectiveness of Blended E-Learning Forum in Planning for Science Instruction. Journal of Turkish Science Education, 11(4): 3-16.

Munandar, U. 2014. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nurdin, S. dan Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Prasetyo, A. D. dan Mubarokah, L. (2014). Berpikir Kreatif Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Berdasar Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 2(1): 1-10.

Rohim, F., Susanto, H., dan Ellianawati. 2012. Penerapan Model Discovery Terbimbing pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Unnes Physics Education Journal, 1(1): 1-5.

Septiany, D. (2014). Penggunaan Model Discovery Learning pada Kesetimbangan Kimia dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Orisinil. Skripsi. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Suherman, E. 2003. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono. 2014. Model Pembelajaran Kimia Berbasis Multiple Representasi dalam Membangun Model Mental Mahasiswa pada Mata Kuliah Kimia Dasar. Disertasi tidak dipublikasikan. Surabaya: Program Pascasarjana Universitas Surabaya.

Tim Penyusun. 2014. Permendikbud No. 59 tahun 2014 Lampiran III Tentang PMP Mata Pelajaran Kimia SMA. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran, Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yaumi, Wisanti, dan Admoko, S. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. Jurnal Unesa, 5 (1): 38-45.

Zaman, T. U., Bhatti, R. U., dan Ghias, F. 2012. Effectiveness Of Pre-Labs At Secondary School Level Chemistry Lab. Pakistan Journal of Science, 64 (1): 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.