PEMBELAJARAN SIMAYANG TIPE II UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS

Grace Selia Sintia Ulva, Sunyono Sunyono, Lisa Tania

Abstract


The pre-experiment research with One Group Pretest-Postest design had been done in SMAN 8 Bandar Lampung. The aims of this research were to describe the effectiveness and practicality of SiMaYang Type II learning model in improving self-efficacy and science process skill on electrolyte and non-electrolyte solution topic. The samples on this research were first-year secondary students (X7 and X9classes) that was obtained by using cluster random sampling. The results showed that SiMaYang Type II learning model had high criteria of effectiveness and very high criteria of practicality to improve self-efficacy and science process skill on electrolyte and non-electrolyte solution topic.


Penelitian pre-eksperimen dengan One Group Pretest-Posttest Design telah dilakukan di SMA Negeri 8 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan dan kepraktisan model pembelajaran SiMaYang Tipe II dalam meningkatkan self-efficacy dan keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa tahun pertama (kelas X7 dan X9)yang diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran SiMaYang Tipe II memiliki keefektifan dengan kriteria tinggi dan kepraktisan dengan kriteria sangat tinggi untuk meningkatkan self-efficacy dan keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit.

Kata kunci: keefektifan, kepraktisan, proses sains, self-efficacy, SiMaYangTipe II


Full Text:

PDF

References


Abungu, H. E., Okere, M. I. O., & Wachanga, S. W. 2014. The Effect of Science Process Skills Teaching Approach on Secondary School Students Achievement in Chemistry in Nyando District, Kenya. Journal of Educational and Social Research, 6 (4): 359-372.

Afdila, D., Sunyono, & Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 1 (4): 248-261.

Ango, M. L. 2002. Mastery of Science Process Skills and Their Effective Use in the Teaching of Science: An Educology of Science Education in the Nigerian Context. International Journal of Educology, 1 (16): 11-20.

Bandura. 1997. Self Efficay The Exercise of Control. New York: W.H Freeman and Company.

Erlina. 2011. Deskripsi Kemampuan Berpikir Formal Mahasiswa Pendidikan Kimia Universitas Tanjung Pura. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 3 (6): 631-640.

Fauziah, N., Sunyono, & Efkar, T. 2015. Pembelajaran SiMaYang Tipe II pada Materi Larutan Elektrolit dan Non-Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia, 1 (4): 172-183.

Fitriana, S., Ihsan, H., & Annas, S. 2015. Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas VIII SMP. Journal of EST, 2 (1): 86 101.

Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2012. How to Design and Evaluate Research in Education (Eigth Edition). New York: McGraw-Hill.

Harahap, D. 2008. Analisis Hubungan Antara Efikasi-Diri Siswa dengan Hasil Belajar Kimianya. Jurnal Jurusan Pendidikan Kimia, 3 (1): 42-53.

Izzati, S., Sunyono, & Efkar, T. 2015. Penerapan SiMaYang Tipe II Berbasis Multipel Representasi pada Materi Asam Basa. Jurnal Pembelajaran dan Pendidikan Kimia, 1 (4): 262-274.

Kartika, D., Enawaty, E., & Erlina. 2013. Hubungan Antara Self-Efficacy dengan Kemandirian Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 2 (2): 1-12.

Majidah., Hairida, & Erlina. 2013. Korelasi Antara Self-efficacy dengan Hasil Belajar Siswa dalam Mata Pelajaran Kimia di SMA. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9 (2): 1-10.

Nugraha, A.W. 2005. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses IPA pada Praktikum Kimia Fisika II di Jurusan Kimia FMIPA UNIMED melalui Kegiatan Praktikum Terpadu. Jurnal Penelitian Bidang Penelitian, 11 (2): 107-112.

OECD (Organization for Economic Co-operation and Development). 2013. PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: matemathics, reading, science, problem solving, and financial literacy. (Online). Tersedia: http://www.keepeek.com/Digital-Asset-Management/oecd/education/pisa-2012-assessment-and-analytical-frame-work_9789264190511-en, diakses 2 Desember 2015.

Rahmawati, D., Nugroho, S. E., & Putra, N. M. D. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbasis Eksperimen untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Unnes Physic Education Journal, 3 (1): 40-46.

Ren, F., Xiuju, Li., Zhang, H., & Wang, L. 2012. Progression of Chinese Students Creative Imagination from Elementary Through High School. International Journal of Science Education, 13 (34): 20432059.

Sunyono, Wirya, I. W., Suyanto, E., & Suyadi, G. 2009. Identifikasi Masalah Kesulitan dalam Pembelajaran Kimia SMA Kelas X di Propinsi Lampung. Jurnal Pendidikan MIPA, 2 (10): 9-18.

Sunyono. 2012. Buku Model Pembelajaran Berbasis Multipel Representasi (Model SiMaYang). Bandar Lampung: Aura Printing & Publishing.

Sunyono, Yuanita, L., & Ibrahim, M. 2015. Supporting Students in Learning with Multiple Representation to Improve Student Mental Models on Atomic Structure Concepts. Science Education International, 26 (2): 104-125.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan Bagian III : Pendidikan Disiplin Ilmu. Bandung: Penerbit Imtima.

Taber, K. S. 2013. Three levels of chemistry educational research. Chemistry Education Research and Practice, 14 (2): 151-155.

Utami, W. D., Dasna, I. W., & Sulistina, O. 2013. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Jurnal Pendidikan Kimia UNM, 2 (2): 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.