PENGGUNAAN MEDIA VCD ANIMASI DAN GAMBAR CETAK DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS
Abstract
This study aims to apply appropriate use of instructional media by using animation VCD media and print images and to improve the activity and student learning outcomes in geography subjects using animation VCD media and print images. The method in this study is action research that lasted for three cycles. Using test data collection and observation. Data were analyzed by looking at the classical mastery learning students ie 80% of students received a score of ≥ 70. Results showed that the use of animation VCD media and print pictures can enhance the activity and learning outcomes geography class X High School Semester Bina Mulya Dublin school year 2013-2014.
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan media pembelajaran yang tepat yaitu dengan menggunakan media VCD animasi dan gambar cetak dan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran geografi menggunakan media VCD animasi dan gambar cetak. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama tiga siklus. Pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data dianalisis dengan melihat ketuntasan belajar siswa secara klasikal yaitu 80% siswa mendapat skor ≥ 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media VCD animasi dan gambar cetak dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas X Semester Ganjil SMA Bina Mulya Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2013-2014.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, media pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arsyad, Azhar. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Kunandar. 2008. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Raja Grasindo Persada.
Salim, Peter. 1996. The Contemporary English-Indonesian Distionary. Jakarta: Modern English Press.
Sudjana. 2005. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sumaatmadja, Nursid. 2001. Metodelogi Pengajaran Geografi. Jakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v2i2.5081
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING