PEMANFAATAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR GEOGRAFI FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG
Abstract
The aim of this research is: (1) to know the intencity of using internet as one of geography learning source in Geographic Study Program, Teachers Training and Education Faculty, at University of Lampung Years 2011. (2) to see student motivation in using internet as geography learning source in Geographic Study Program, Teachers Training and Education Faculty, at University of Lampung Years 2011. The method used descriptive methodology. The population was 40 student. Based on the research, it can be seen that: (1) intencity of using internet as learning resourches is about 10-40 hours every month. It belongs to medium rate (medium users). (2) student motivation in using internet as learning resourches belongs to medium rate.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung Angkatan 2011. (2) untuk mengetahui motivasi mahasiswa Program Studi Pendidikan Geografi Jurusan Pendidikan IPS FKIP Universitas Lampung angkatan 2011 dalam memanfaatkan internet sebagai sumber belajar.Populasinya berjumlah 40 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa: (1) intensitas pemanfaatan internet sebagai sumber belajar mahasiswa sebanyak 10-40 jam per bulan, pemanfaatan ini tergolong sedang (medium user.) (2) motivasi mahasiswa memanfaatkan internet sebagai sumber belajar tergolong motivasi sedang.
Kata kunci: geografi, pemanfaatan internet, sumber belajar.Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Daryanto. 2010. Belajar Mengajar. Jakarta: CV Yarma Widya.
Depdikbud. 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Diat P, Lantip dan Riyanto. 2011. Teknologi Informasi Pendidikan. Yogyakarta: Gava Media.
Juliandi, Azuar. 2002. Pemanfaatan Internet dalam Proses Belajar dan Penulisan Karya Ilmiah Bidang Manajemen dan Bisnis. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis.Vol. 02 No. 02. FE Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, Medan. Diakses 12 Juni 2013.
Miarso, Yusuf Hadi. 2004. Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Grup.
Purbo, Onno W. 1998. Penggunaan Internet dalam Dunia Pendidikan. Jakarta: PT. Elek Media Komputindo.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Sardiman. 2006. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
SISDIKNAS. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, Sumadi. 2006. Metodologi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Yusuf, Pawit M. 2010. Teori dan Praktik Penelusuran Informasi (informasi Retrieval). Jakarta: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v2i1.4084
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING