PEMETAAN POLA PERSEBARAN WISATA KULINER KHAS LAMPUNG DI KOTA BANDAR LAMPUNG TAHUN 2022

Andi Kurniawan, Zulkarnain Zulkarnain, Dedy Miswar, Irma Lusi Nugraheni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola persebaran wisata kuliner khas Lampung di Kota Bandar Lampung pada Tahun 2022. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah restoran-restoran di Kota Bandar Lampung yang menyediakan menu kuliner tradisional khas Lampung. Jumlah restoran yang menjadi populasi penelitian ini adalah 10 restoran. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi, yang berarti seluruh populasi yang ada menjadi sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 10 restoran di Kota Bandar Lampung. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teknik observasi, dokumentasi, wawancara, dan studi pustaka. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan Teknik Analisis Tetangga Terdekat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis menggunakan Teknik Analisis Tetangga Terdekat, pola persebaran wisata kuliner khas Lampung di Kota Bandar Lampung memiliki pola tersebar tidak merata (random) dengan nilai T = 0.84.

 

Kata Kunci: wisata kuliner, pola persebaran, kuliner khas

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpg.v11.i1.27132


Full Text:

Pdf Pdf

References


Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandar Lampung. 2018. Kota

Bandar Lampung Dalam Angka 2018. CV Jayawijaya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandar Lampung. 2019. Kota Bandar Lampung Dalam Angka 2019. CV Jayawijaya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandar Lampung. 2020. Kota Bandar Lampung Dalam Angka 2020. CV Jayawijaya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandar Lampung. 2021. Kota Bandar Lampung Dalam Angka 2021. CV Jayawijaya.

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Bandar Lampung. 2022. Kota Bandar Lampung Dalam Angka 2022. CV Jayawijaya.

Kartika, M. 2018. Pemetaan Ekonomi Kreatif Subsektor Kuliner di Kota Pontianak. Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 7(1), 58-71.

Rismiyanto, E., & Danangdjojo, T. 2015. Dampak Wisata Kuliner Oleh-oleh Khas Yogyakarta terhadap Perekonomian Masyarakat. Fakultas Ekonomi: Universitas Proklamasi 45.

Kristiana, Y., Suryadi, M. T., & Sunarya, S. R. 2018. Eksplorasi Potensi Wisata Kuliner Untuk Pengembangan Pariwisata Di Kota Tangerang. Khasanah Ilmu-Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 9(1).

Mad Saeroji dan DeriaAdi Wijaya. 2017. Pemetaan Wisata Kuliner Khas Kota Surakarta. FakultasIlmu Budaya: Universitas Sebelas Maret.

Wirangga, I. W. Y., Piarsa, I. N., & Purnawan, I. K. A. 2016. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Pemetaan Letak Suatu Rumah Makan Di Wilayah Denpasar. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi).




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v11i1.27132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR