APLIKASI KONSEP ADDIE DALAM DESAIN PEMBELAJARAN PELATIHAN BENCANA GEMPA BUMI UNTUK MASYARAKAT

Arif Budiyono

Abstract


Pelatihan bencana gempa bumi untuk masyarakat merupakan suatu upaya penanggulangan bencana pada tahap pra-bencana untuk menyiapkan masyarakat tangguh bencana yang senantiasa siap siaga menghadapi ancaman bencana gempa bumi. Konsep ADDIE diterapkan sebagai model desain pembelajaran pada pelatihan ini yang dimulai dari tahap analisis, desain, hingga developmen. Strategi pembelajaran yang diterapkan adalah model ekspositori yang dipadukan dengan model interaktif. Sumber daya pembelajaran utama menggunakan informasi peta sumber dan bahaya gempa dan kawasan rawan bencana gempa bumi dan buku saku tangguh menghadapi bencana yang dikemas melalui perpaduan media antara media bentuk cetakan dan teknologi multimedia. Sarana prasarana kelas untuk simulasi pengalaman bencana gempa bumi dirancang untuk pelaksanaan kegiatan kesiapsiagaan di rumah tinggal dan ruangan gedung bertingkat. Durasi penyelenggaraan pelatihan dilaksanakan selama 35 jam pelajaran atau 4 hari pelatihan. 

 

Kata Kunci: aktivitas belajar, hasil belajar, model inkuiri

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpg.v9.i2.27031


Full Text:

PDF PDF

References


Bakhri, S. (2019). Animasi Interaktif Pembelajaran Huruf dan Angka Menggunakan Model ADDIE. INTENSIF, 3(2), 130-144.

BNPB. (2016). Risiko Bencana Indonesia. Jakarta: Direktorat Pengurangan Risiko Bencana, BNPB.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Cahyadi, R. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa, 3(1), 35-43.

Halim, A., Huda, I., Tarmizi, Mustafa, & Khaldun, I. (2019). Penerapan Model ADDIE pada Pengembangan Modul E-Learning dalam Pembelajaran Fisika. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2).

Kramer, S. L. (2007). Geotechnical Earthquake Engineering. New Delhi: Pearson.

PusGeN. (2017). Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia. Jakarta: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perumahan dan Pemukiman, Balitbang Kementerian PUPR.

Rosmiati, Liliasari, Tjasyono, B., Ramalis, T. R., & Satriawan, M. (2020). Adaptasi dan Mitigasi Bencana Alam untuk Mahasiswa Calon Guru Fisika Melalui Pengembangan LKM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v9i2.27031

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR