KAJIAN PENGEMBANGAN DAYA TARIK OBJEK WISATA DI PANTAI MINANGA

Dewita Dewita, Sri Maryati, Daud yusuf

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk melakukan analisis pengembangan daya tarik objek wisata dengan menggunakan analisis SWOT di Pantai Minanga. Lokasi penelitian ini dilakukan di Pantai Minanga, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara. Metode penarikan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, dokumentasi  dan survei lapangan. Analasis data dalam bentuk deskriptif kualitatif berdasarkan metode SWOT (Strength, Weakness, Opportunities dan Threats). Hasil penelitian ini adanya kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman bagi pengembangan objek wisata di Pantai Minanga tersebut. Strategi pengembangan tersebut  dapat dilakukan oleh pengelola maupun pihak masyarakat objek wisata Pantai Minanga sehingga dapat berkembang lebih baik dan dapat bersaing dengan objek wisata lainnya. Pengembangan objek wisata Pantai Minanga sesuai analisis SWOT menghasilkan empat alternatif strategi yaitu SO merupakan strategi yang memanfaatkan kekuatan untuk memperhitungkan peluang, strategi WO yaitu strategi yang meminimalkan kelemahan untuk memanfaatkan peluang, strategi ST adalah strategi yang mengunakan kekuatan untuk mengatasi ancama dan strategi WT merupakan strategi yang meminimalkan kelemahan- kelemahan dan menghindari ancaman.

 

Kata Kunci: Daya Tarik Objek Wisata, Analisis SWOT, Pengembangan

 

DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpg.v11.i1.26161


Full Text:

Pdf Pdf

References


Az.Nasution. 2001. Hukum Perlindungan Konsumen Suatu Pengantar. Diadit Media. Jakarta.

Freddy. 2006. Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta. PT Gramedia Pustaka Utama.

Holden, Andrew. 2000. Environmentn and Tourism. London: Routledge.

Moleong, Lexy. 2002. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rangkuti, Ramli. 2009. Strategi Promosi Yang Kreatif Dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : Pt. Gramedia Pustaka Utama.

Purnamawati, Ati. 2001. Minat Wisatawan Terhadap Obyek Dan Daya Tarik Wisata Kota Di Kota Bandung. Semarang. Undip.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setyanto, I., & Pangestuti, E. 2019. Pengaruh Komponen Destinasi Wisata (4A) terhadap Kepuasan Pengunjung Pantai Gemah Tulungagung. Jurnal Administrasi Bisnis, 72(1), 157–167.

Suzanne Wilson, Daniel R. Fesenmaier .2001. Factors For Success In Rural Tourism Development. Texas Southern Southern University University.

Wahyuni, V. 2016. Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Air Manis Di Kelurahan Air Manis Kecamatan Padang Selatan Kota Padang [skripsi]. Program Studi Pendidikan Geografi. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) PGRI Sumatera Barat. Padang (ID).

Yuwana. 2010. Analisis Permintaan Kunjungan Objek Wisata Kawasan Daratan. Tinggi Kabupaten Banjarnegara. Skripsi Fakultas Ekonomi.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v11i1.26161

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR