Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran SFAE Terhadap Hasil Belajar Geografi Di MAN 1 Bandar Lampung
Abstract
This research is aimed at analyzing the difference between the in the results of learning achiement X IPS 3 students using the SFAE learning model with the results of learning achiement X IPS 4 students using conventional learning, (2) the effect of using the SFAE learning model the learning outcomes of class X IPS 3 on geography in MAN 1 Bandar Lampung. This study uses a quasi-experimental method. Analysis data techniques that used in this research were t test and effect size. The results showed that (1) there were difference in the results of learning achiement X IPS 3 students using SFAE learning models with the results of learning achiement X IPS 4 students using conventional learning, (2) there was the influence of using the SFAE learning model the learning outcomes of class X IPS 3 on geography in MAN 1 Bandar Lampung.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1) perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran SFAE dengan hasil belajar siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) pengaruh penggunaan model pembelajaran SFAE terhadap hasil belajar kelas X IPS 3 pada mata pelajaran geografi di MAN 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS 3 dan kelas X IPS 4. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t dan uji efek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan hasil belajar siswa kelas X IPS 3 yang menggunakan model pembelajaran SFAE dengan hasil belajar siswa kelas X IPS 4 yang menggunakan pembelajaran konvensional, (2) ada pengaruh penggunaan model pembelajaran SFAE terhadap hasil belajar kelas X IPS 3 pada mata pelajaran geografi di MAN 1 Bandar Lampung.
Kata kunci: pengaruh, model student facilitator and explaining, hasil belajar.
Full Text:
PDFReferences
Aqib, Z. (2013). Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (inovatif). Bandung: Yrama Widya.
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sagala, S. (2013). Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2009). Cooperative Learning (Teori & Aplikasi PAIKEM). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v9i1.19927
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING