Pengembangan Modul Materi Pengetahuan Dasar Geografi Kelas X Tahun 2019
Abstract
The research aims to (1) find out the development of basic geography knowledge modules as teaching material, (2) produce basic geography knowledge modules as teaching material, (3) investigate the effectiveness of basic geography knowledge modules as teaching at class social 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. This research used stages and developments from Borg & Gall model. The results of research and development indicate the assessment of material experts, design experts, linguists that the resulting development module is suitable for use in learning. In the small group trials, the module feasibility assessment is very feasible, while the large group trials for the attractiveness of the modules fall into the attractive category and the ease of use of the modules falls into the easy category. Module effectiveness is obtained from post-test scores where the use of modules in learning is categorized as effective.
Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pengembangan modul materi pengetahuan dasar geografi sebagai bahan ajar, (2) menghasilkan modul materi pengetahuan dasar geografi sebagai bahan ajar, (3) mengetahui tingkat keefektifan modul materi pengetahuan dasar geografi sebagai bahan ajar di kelas X IPS 2 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan tahapan dalam peneltian dan pengembangan modul Borg & Gall. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan penilaian dari ahli materi, ahli desain, ahli bahasa bahwa modul hasil pengembangan layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Pada uji coba kelompok kecil penilain kelayakan modul ialah sangat layak, sedangkan uji coba kelompok besar untuk kemenarikan modul masuk dalam kategori menarik dan kemudahan penggunaan modul masuk dalam kategori mudah. Keefektifan modul didapat dari nilai post tes dimana penggunaan modul dalam pembelajaran dikategorikan efektif.
Kata kunci: pengembangan modul, pengetahuan dasar geografi, model borg & gall
Full Text:
PDFReferences
Depdiknas. (2002). Teknik Belajar dengan Modul. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Prastowo, Andi. (2012). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosadakarya.
Sutrisno, Joko. (2008). Teknik Penyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v8i2.19741
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING