Model Tipe TTW Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Geografi Siswa SMA Islam Kebumen

Muhammad Edwansyah Rissal, Sumadi Sumadi, Sugeng Widodo

Abstract


This study aims to improve the activities and geography learning outcomes of twelfth grade social students of Kebumen Islamic High School through the implementation of the cooperative learning model think talk write type. The method used is classroom action research. The research subjects were students twelfth grade Kebumen Islamic High School Tanggamus Regency. The object of the research is the cooperative learning model think talk write type to increase the activities and the student learning outcomes. The results showed that the cooperative learning model think talk write type can increase activity and learning outcomes social students of Kebumen Islamic High School Tanggamus Regency, it is recommended for teacher of geography to make variations of learning by applying the type of cooperative learning model think talk write in the classroom.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar geografi siswa kelas XII IPS 1 SMA Islam Kebumen melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XII IPS 1 SMA Islam Kebumen Kabupaten Tanggamus. Objek penelitian adalah model pembelajaran kooperatif tipe think talk write untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar XII IPS 1 SMA Islam Kebumen Kabupaten Tanggamus, maka disarankan kepada guru geografi untuk membuat variasi pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write di kelas.

Kata Kunci: aktivitas, hasil belajar, TTW


Full Text:

PDF

References


Yusuf, A. M. 2015. Asesmen Dan Evaluasi Pendidikan. Pranadamedia Group, Jakarta. 344 hlm.

Al- Tabany., & Badar, T. I. 2014. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual. Prenadamedia Group, Jakarta. 314 hlm.

Nugroho, D. H. 2013. Strategi Pembelajaran Geografi. Ombak, Yogyakarta. 160 hlm.

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru. Rajawali Pers, Jakarta. 227 hlm.

Elly, M. J. 2009. Sistem Informasi Geografi Menggunkan Aplikasi ArcView 3.2 Dan ERMapper 6.4. Graha Ilmu, Yogyakarta. 142 hlm.

Sudjana, N. 2017. Penilain Hasil Proses Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya, Bandung. 180 hlm.

Sukmaatmadja, N. 1997. Metodologi Pengajaran Geografi. PT. Bumi Aksara, Jakarta. 141 hlm.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta. 344 hlm.

Triyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Ombak, Yogyakarta. 322 hlm.

Tirtarahardja, U., & Sulo, S. L. L. 2008. Pengantar Pendidikan. PT. Rineka Cipta, Jakarta. 320 hlm.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v7i4.17839

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR