Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Belajar Geografi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perbedaan hasil belajar siswa kelas XI A yang menggunakan model pmbelajaran make a match dengan hasil belajar siswa kelas XI B yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI A dan siswa kelas XI B. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa kelas XI A yang menggunakan model pembelajaran make a match dengan hasil belajar siswa kelas XI B yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Kata kunci: aktivitas, hasil belajar geografi, model make a match
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Sinar grafika. Jakarta.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.
_____. 2010. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta, Jakarta
Rusman. 2012. Model-Model Pem-belajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. PT Raja Grafindo Persada, Bandung.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
_____.2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i5.16394
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING