Pemanfaatan KIP Oleh Keluarga Miskin di Kelurahan Labuhan Ratu Raya Bandar Lampung
Abstract
This study aims to examine the utilization of Smart Card Indonesia by poor families in Labuhan Ratu Raya Bandar Lampung Urban Village in 2016/2017, with the point of studying the smoothing of Smart Card Indonesia, the effectiveness of Smart Card Indonesia, and the use of Smart Card Indonesia efficiency. The medhod used is descriptiv sample research as much as 30%. Data collection is observation, structured interview, and documentation. Data analysis using frequency tables and percentages. The results of research indicate: (1) smart card assistance used 100% to buy book and school stationery, while 100% not used for monthly dues and guidance. (2) 5,9% are effective, while 64,7% are less effective and 29,4% are in effective. (3) Indonesian smart card rocks have been efficient not buying unused ones such as belts 20,6% and 50% pencil case, while less efficient use of less than the soch as much as 38,2%.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan Kartu Indonesia Pintar oleh keluarga miskin di Kelurahan Labuhan Ratu Raya Bandar Lampung, dengan titik kajinya pemanfataan Kartu Indonesia Pintar, penggunaan efektifitas, dan penggunaan efisiensi Kartu Indonesia Pintar. Metode yang digunakan yaitu deskriptif, sampel penelitian sebanyak 30% (34 KK). Pengambilan data yaitu observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tabel frekuensi dan persentase. Hasil penelitian menunjukan: (1) Bantuan Kartu Indonesia Pintar dimanfaatkan 100% untuk membeli buku tulis dan alat tulis sekolah, sedangkan 100% tidak dimanfaatkan untuk iuran bulanan dan les (bimbingan belajar). (2) 5,9% sudah efektif, sedangkan 64,7% kurang efektif dan 29,4% tidak efektif. (3) Bantuan Kartu Indonesia Pintar sudah efisien yaitu tidak membeli yang tidak digunakan seperti ikat pinggang 20,6% dan kotak pensil 50%, sedangkan penggunaan yang kurang efisien kurang dari persemester yaitu kaos kaki sebanyak 38,2%.
Kata Kunci: efektifitas, efisiensi, pemanfaatan kartu pintar
Full Text:
PDFReferences
Anonim. 2016. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Tahun 2016. Dinas Pendidikan.
Gaston Mialaret. 1993. Hak Anak-Anak Untuk Memperoleh Pendidikan. Balai Pustaka. Jakarta.
Moh. Pabundu Tika. 2005. Metode Penelitian Geografi. Bumi Aksara. Jakarta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta. Jakarta.
Sumadi Suryabrata. 2000. Metodologi Penelitian. Rajawali Pers. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i2.15069
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING