Pengembangan Modul Materi Bumi Sebagai Ruang Kehidupan Berbasis Pendidikan Karakter di MAN 1 Pesawaran

Yuni Indah Lestari, Sumadi Sumadi, Sugeng Widodo

Abstract


There are many media that can be used to: support teaching learning process. In this task the writer would use module in its research. Research methodology used that is research and development. The collection of data using test expert who consisting of the people of the design, and the people of the material. While target the fit and proper test uses the methodinterview, documentation, and observation. The analysis of data using a formula Aikens V. The pilot module showes that 94 % very interesting, 68 % easy, 97 % very useful. This data is based on the result pilot effectiveness 85% of completed student and its value of completeness at least 70 and its average rate is 72,11. From the data have shown above that this module deserved to use for student in teaching learning process. Because this module is not only gives attractive, easy, eseful but it also develops the students character.

Tujuan pengembangan modul untuk menjadikan modul sebagai sarana dalam memperbaiki karakter peserta didik melalui penggunaan modul pada proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan. Pengumpulan data menggunakan uji ahli yang terdiri dari ahli desain, dan ahli materi. Sedangkan uji kelayakan sasaran menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Analisis data menggunakan formula Aikens V. Hasil penggunaan modul diperoleh skor kemenarikan 94 % (sangat manarik), skor kemudahan 68% (sangat mudah), skor kemanfaatan 97% (sangat bermanfaat). Produk efektif digunakan berdasarkan hasil uji efektivitas 85% siswa tuntas. Dari nilai Kriteria Ketuntasan Minimal 70 dengan nilai rata-rata 72,11. Penggunaan modul ini mempermudah pemahaman konsep dan berfungsi memperbaiki karakter peserta didik. Sehingga modul ini layak digunakan dengan kualitas menarik, mudah digunakan, bermanfaat, dan efektif sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: berbasis pendidikan karakter, modul geografi, pengembangan


Full Text:

PDF

References


Daryanto .2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar).Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Muslich, Masnur. 2013. Pendidikan Karakter Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional. Jakarta: Bumi Aksara.

Putra, Nusa. 2012. Research & Development. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Soedijarto. 1993. Menuju Pendidikan Nasional yang Relevan dan Bermutu. Jakarta: Balai Pustaka.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Tegeh, I Made. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu

Zainul, Asmawi dan Nasoetion, Noehi (1996). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Ditjen Dikti Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v6i2.14955

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR