PENGARUH FAKTOR PSIKOLOGIS DAN FAKTOR SEKOLAH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMPN 1 TANJUNGSARI
Abstract
The purpose of this research is to know (1) the influence of psychological factor to learning results (2) the influence of school factor to learning results (3) the influence of psychological and school factor to learning results of 7th grade students on the integrated social science thematic subject in SMP Negeri 1 Tanjungsari. This research used ex post facto method. The data collecting technique uses questionnaires and documentation. The technique of data analysis uses simple linear regression analysis and multiple linear regression analysis. The results showed that (1) there was influence psychological factor to learning results which the contribution has not been optimal (2) there was influence school factor to learning results which the contribution has not been optimal (3) there was influence psychological and school factor to learning results of 7th grade students on the integrated social science thematic subject in SMP Negeri 1 Tanjungsari which the contribution has not been optimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh faktor psikologis terhadap hasil belajar (2) pengaruh faktor sekolah terhadap hasil belajar (3) pengaruh faktor psikologis dan faktor sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran IPS Tematik Terpadu di SMP Negeri 1 Tanjungsari. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi linier ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh faktor psikologis terhadap hasil belajar dengan kontribusi masih belum optimal (2) ada pengaruh faktor sekolah terhadap hasil belajar dengan kontribusi masih belum optimal (3) ada pengaruh faktor psikologis dan faktor sekolah terhadap hasil belajar siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Tanjungsari dengan kontribusi masih belum optimal.
Kata kunci: hasil belajar, psikologis, sekolah
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2009. PsikologiPendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: RinekaCipta.
Permenikbud Nomor 68 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. (http://direktori. madrasah.kemenag.go.id/media/file /Permendikbud68TH2013.pdf. Diakses pada tanggal tanggal 14 November 2016 pukul 07.08 WIB).
Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.(http:// disdik.labuhanbatukab.go.id/ index.php/component/content/article/269-permendikbud-tahun-2014-no-103-dan-104.html. Diakses pada tanggal 27 September 2016 pukul 19.54 WIB).
Permendikbud Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum Tahun 2013. (http://disdik.kaltimprov.go.id/ read/pdfview/14. Diakses pada tanggal 27 September 2016 pukul 20.07 WIB).
Priyatno, Duwi. 2012. Cara Kilat Belajar Analisis Data dengan SPSS 20. Yogyakarta: Andi Offset.
Setyosari, Punaji. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sriyanti, Lilik. 2013. Psikologi Belajar. Jakarta: Ombak.
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan, Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Rosda.
Sukardi. 2003. Metologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i6.12845
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING