Hubungan Penerapan Moving Class Dengan Hasil Belajar Geografi Di SMA Negeri 3 Prabumulih
Abstract
The aims of this research were to find out the applications relation of moving class on the geography learning achievement at SMA Negeri 3 Prabumulih. The design of the research is was ex post facto. The subjects of the research are 399 students who receiving geography subject and apply the moving class. The objecive of this research is the application of moving class and the learning result of geography subject. The data were collected by observation, and interview. The data was analyxed by using spearman brown correlation. The results showed that there was some influence in the application of moving class on the geography in high school 3 prabumulih2016 / 2017 academic year by the influence of 0,9955 with the strength of the relations approaching perfect, means the better application of moving class will likely higher of study results obtained by students.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan moving class terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 3 Prabumulih. Penelitian menggunakan metode ex post facto. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik yang mendapatkan mata pelajaran geografi yaitu 339 orang dan melakukan penerapan moving class. Objek penelitian adalah penerapan moving class dan hasil belajar mata pelajaran geografi. Data dikumpulkan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah korelasi spearman brown. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada pengaruh penerapan moving class terhadap hasil belajar geografi di SMA Negeri 3 Prabumulih Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan pengaruh sebesar 0,9955 dengan kekuatan hubungan mendekati sempurna, berarti semakin baik penerapan moving class maka akan cenderung semakin tingginya hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik.
Kata kunci : moving class, hasil belajar, geografi
Full Text:
PDFReferences
Direktorat Pembina SMA.2010. Juknis Pelaksanaan Sistem Belajar Moving Class di SMA.
Nugroho, Djawadi Hadi. 2013. Strategi Pembelajaran Geografi.Ombak. Yogyakarta.
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Alfabeta. Bandung.
Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.
Sulistyo, Budi Dwi. 2010. Efektivitas Pembelajaran Dengan Sistem Moving Class Di SMA Negeri 2 Wates Kulon Progo (Jurnal). Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Suryani, Nunuk dan Agung Leo. 2012. Strategi Belajar Mengajar.Ombak.Yogyakarta.
Trianto. 2011. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Kencana. Jakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i5.12717
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXING