KENDALA GURU MENGAJAR PENGINDERAAN JAUH DI SMA NEGERI 1 GEDONG TATAAN TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Nisa Aulia Ningsih, Nani Suwarni, Rahma Kurnia Sri Utami

Abstract


This study aimed to assess the geography teachers constraints in teaching remote sensing material in SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Pressure point of this studies is on the selection of the source books, understanding the material, the use of teaching methods, the use of media and the learning process. The method used was descriptive qualitative method. The research population was a geography teacher who taught class XII IPS in SMA Negeri 1 Gedong Tataan. The data were collected by observation, structured interviews and documentation. The result of the research indicated, that: 1) teacher did not master the material of remote sensing so that it becomes an obstacle in understanding and conveying the material; 2) teacher used less variety of learning methods in teaching remote sensing; 3) teacher in the learning process did not use the media in accordance with the material; 4) teacher never attend trainings organized by educational institutions.

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kendala guru geografi dalam mengajar materi penginderaan jauh di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Titik tekan kajiannya pada pemilihan buku sumber, pemahaman materi, penggunaan metode pembelajaran, penggunaan media dan proses pembelajaran. Metode yang digunakan metode kualitatif bersifat deskriptif. Populasi penelitian adalah seorang guru geografi yang mengajar kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Gedong Tataan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan, bahwa: 1) Guru kurang menguasai materi Penginderaan Jauh sehingga masih menjadi kendala dalam memahami dan menyampaikan materinya; 2) Guru kurang menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dalam mengajar Penginderaan Jauh; 3) Guru dalam proses pembelajaran tidak menggunakan media yang sesuai dengan materi; 4) Guru tidak pernah mengikuti pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh lembaga pendidikan.

Kata kunci: kendala, guru geografi, penginderaan jauh


Full Text:

PDF

References


Furchan A. 2004. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Moleong. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset

Sumaatmadja N. 1988. Metodologi Pengajaran Geografi. Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara

Subagyo P. Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya

Subyantoro A dan FX.Suwarto. 2006. Metode dan Teknik Penelitian Sosial. Andi Offset. Yogyakarta: Andi Offset

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fjpg.v4i3.10848

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXING

Index of /public_upgrade/site/images/admin-atturatsDESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR DESKRIPSI GAMBAR