PENGEMBANGAN LKS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Anton Suhenriyadi, Eko Suyanto, Ismu Wahyudi

Abstract


The aim of this research was to develop LKS with cooperative learning model STAD type by scientific approach in Laws Hooke matter. The method that has been applied was research and development method (R & D). The result of material experts test a score of 3.60 which is a very good category, meanwhile, in test design experts included two types of test which were the presentation feasibility of LKS, and feasibility of its language with each score was 2,80, 2,75 and 3,00 with all categories were good. For the test results of the external including the attractiveness, convenience and expediency each got score was 3,21, 3,23 and 3,31 with attractive, easy, and useful category. LKS that has been developed was effective as a learning media shown by the results of student learning after using the LKS, 100% student completed the KKM in teaching and learning process.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan LKS model pembelajaran kooperatif tipe STAD materi pokok Hukum Hooke dengan pendekatan saintifik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian dan Pengembangan (R & D). Hasil uji internal meliputi uji ahli materi dan uji ahli desain. Hasil uji kelayakan meliputi uji ahli materi dengan skor 3,60 dengan kategori sangat baik, dan uji ahli desain dengan dua jenis yaitu kelayakan penyajian LKS, dan kelayakan bahasa LKS diproleh skor masing-masing 2,80, dan 2,75, dengan kategori baik semuanya. Hasil uji eksternal meliputi uji kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan diproleh masing-masing skor 3,21, 3,23 dan 3,31 dengan kategori menarik, mudah, dan bermanfaat. LKS yang dikembangkan efektif sebagai media belajar dilihat dari hasil belajar siswa setelah menggunakan LKS pembelajaran mencapai 100% siswa yang tuntas KKM.

Kata kunci: LKS, pembelajaran kooperatif tipe STAD, pendekatan saintifik.


Full Text:

PDF

References


Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Mahmuddin. 2010. Belajar Jadi Manusia: Komponen Penilaian kooperatif tipe STAD. (on line). http://mahmuddin.wordpress.com. diakses 03 Januari 2014).

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Sani. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sungkono. 2010. Pengembangan Bahan Ajar. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyanto, Eko. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa Dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka Dan Keterampilan Proses UntukSMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Unila tanggal 24 Januari 2009. Bandar Lampung: Unila

Trianto. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.