STUDI IMPLEMENTASI SCIENTIFIC APPROACH DALAM PEMBELAJARAN SAINS DI LABORATORIUM

Husnun Azizah, Undang Rosidin, Feriansyah Sesunan

Abstract


This research aimed to determine the realization level of the scientific approach implementation in science learning in the laboratory by using guided inquiry learning model; determine the suitability of the learning tools used by teachers, and describe the teacher's knowledge of the scientific approach. The research was conducted by observing the lessons, analyzing the learning tools such as lesson plans and student worksheets used by teachers and doing special tests to teachers. Based on the research, it obtained score of implementing the scientific approach in learning science laboratory using guided inquiry learning model was 2,40 with not good enough category, suitability of the learning tools used by teachers was 2,40 with not good enough category, and teacher knowledge was 2,03 with not good enough category.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan pengimplementasian scientific approach dalam pembelajaran sains di laboratorium menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing, mengetahui kesesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan, dan mendeskripsikan pengetahuan guru mengenai scientific approach. Penelitian ini dilakukan dengan mengamati pembelajaran yang dilakukan, menganalisis perangkat pembelajaran berupa RPP dan LKS yang digunakan guru serta melakukan tes khusus terhadap guru. Berdasarkan penelitian, diperoleh skor keterlaksanaan pengimplementasian scientific approach dalam pembelajaran sains di laboratorium menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 2,40 dengan kategori kurang baik, kesesuaian perangkat pembelajaran yang digunakan guru adalah 2,44 dengan kategori kurang baik, dan pengetahuan guru adalah 2,08 dengan kategori kurang baik.

Kata kunci: laboratorium, model pembelajaran inkuiri terbimbing, pembelajaran sains, scientific approach.


Full Text:

PDF

References


Aly, Abdullah & Eny Rahma. 2008. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ambarsari, Wiwin, Slamet Santosa & Maridi. 2013. Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Dasar pada Pelajaran Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 7 Surakarta. Pendidikan Biologi. Vol. 5 No 1: 81-95. (online).(http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/bio/article/view/1441/1022. Diakses 18 Oktober 2014).

Anonim. 2013. Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

BPSDMPK. 2013. Panduan Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Budiman, Indra, Paulus Cahyono Tjiang dan Dadi Rusdiana. 2008. Model Pembelajaran Latihan Inquiri untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Energi Rumah Tangga dan Keterampilan Berfikir Kreatif Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol. 2 No 3: 126-138.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2001. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kemendikbud. 2013. Pendekatan Pendekatan Ilmiah dalam Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual. Bandung: PT.Refika Aditama.

Nandang. 2009. Hakikat Sains. (Online). (http://nandang. blog-detik.com/2009/04/13/hakikat-sains/. Diakses 18 Oktober 2014).

Purnama, Heri. 2010. Ilmu Alamiah Dasar. Jakarta: Rineka Cipta.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sumintono, Bambang. 2010. Pengajaran Sains dengan Praktikum Laboratorium: Perspektif dari Guru-Guru Sains SMPN di Kota Cimahi. Jurnal Pengajaran MIPA. Vol.15 No 2: 120-127. (Online). (http://journal. fpmipa.upi.edu/index.php/jpmipa/article/viewFile/291/202. Diakses 12 April 2015 ).

Warma, Rafika, Taufik Rahman dan Saefudin. 2014. Analisis Implementasi Scientific Approach dalam Proses Pembelajaran IPA SMP Kurikulum 2013. Prosiding Mathematics and Sciences Forum 2014. Hal: 171-182. (online). (http://prosiding. Up-grismg.ac.id/index.php/masif2014/masif2014/paper/viewFile/428/379. Diakses 12 April 2015)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.