PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA

Praba Kurnia Dini Kalinda, Nengah Maharta, Chandra Ertikanto

Abstract


The purpose of this research were to produce a physics-based on learning module with guided inquiry in material of temperature and its changes and to describe the attractivenes, the easiness, benefit, and effectiveness of the developed module. The development procedures included the potential and problems, collecting the data, product design, validity design, revision design, product test, revision product, and the production. The result of this research has a very good attractiveness with the score 3.55, a very good easiness with the score 3.53, and a very good benefit of product with the score 3.50. The final product had been effective to be used because 83.3% students had completed of the value that had been set at 76.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul pembelajaran fisika berbasis inkuiri terbimbing pada materi suhu dan perubahannya dan untuk mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan modul yang dikembangkan. Prosedur pengembangan tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Hasil dari penelitian pengembangan ini memiliki tingkat kemenarikan sangat baik dengan skor 3,55, tingkat kemudahan sangat baik dengan skor 3,53, dan tingkat kemanfaatan sangat baik dengan skor 3,50. Produk akhir sudah efektif digunakan karena 83,3% siswa telah tuntas dari nilai yang telah ditetapkan yaitu 76.

Kata kunci: inkuiri terbimbing, modul, pengembangan


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman. 2012. Panduan Penyusunan Modul Bagi Pengembangan Profesional. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Arum, Restiana Fitria. 2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dengan Tema Belajar Mikroskop yang Mudah dan Menyenangkan untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. (Online). (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/2556/66335. Diakses 20 Maret 2015).

Hanafiah, Nanang, dan Suhana Cucu. 2012. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovasi: Menciptakan Metode Pengembangan yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.

Roestiyah, N. K. 2008. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.Sanjaya, Wina. 2011. Peneliti Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sanjaya, Wina. 2011. Peneliti Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Suprawoto, N. A. 2009. Mengembangkan Bahan Ajar dengan Menyusun Modul. (Online). (http://www.Scrib.com/doc/16554502/Mengembangkan-BahanAjar-dengan-Menyusun-Modul. Diakses 19 November 2014).

Suryaningsih. 2010. Pengembangan media cetak modul sebagai media pembelajaran mandiri. Jakarta: Salemba Empat.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.