PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA
Abstract
The research aimed to produce of student worksheet based on guided inquiry for temperature material and its amendment which is attractive, easiness, usefulness, and effectiveness. The development of procedures consist of the potential and problems, data collection, product design, validity design, revision design, product test, revision product, utility test, revision product, and production. The result of the research was student worksheet based on guided inquiry for temperature material and its amendment which has a; very good attractiveness with the score 3.33, a very good easiness with the score 3.31, and a very good usefulness of product with the score 3.36. Student worksheet has been proper used because 84,61% has of the value that has been set at 70.
Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan produk berupa LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi suhu dan perubahannya yang menarik, mudah, dan bermanfaat, dan efektif. Prosedur pengembangan tersebut meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk, dan produksi. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan LKS berbasis inkuiri terbimbing pada materi suhu dan perubahannya yang memiliki tingkat kemenarikan sangat baik dengan skor 3,33, tingkat kemudahan sangat baik dengan skor 3,31, dan tingkat kemanfaatan sangat baik dengan skor 3,36. LKS dinyatakan efektif untuk digunakan karena 84,61% siswa telah tuntas dari nilai yang telah ditetapkan, yaitu 70.
Kata kunci: inkuiri terbimbing, LKS, pengembangan.
Full Text:
PDFReferences
Dimyati dan Mudjiono. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Hidayat, Rahmat. 2013. Pengembang-an lembar kerja siswa beracuan pendekatan penemuan ter-bimbing pada meteri segitiga untuk siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama. (online). (http://propsem.blogspot.com/2013/06/pengembanganlembarkerja siswa.html. Diakses 18 November 2014).
Memes, Wayan. 2000. Dasar Evaluasi Pendidikan. Grafindo. Jakarta.
Purnaningtyas, Rulita. 2012. Pengembangan LKS IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Ter-bimbing (Guide Inquiry) dengan Tema Asyiknya Berolah Raga dan Berkeringat Guna Mengembangkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP Negeri 1 Klaten. Jurnal Pendidikan IPA FMIPA UNY. Yogyakarta: UNY.
Purwanto, Andik dan Resty Sasmita. 2013. Pembelajaran Fisika dengan Menerapkan Model Inkuiri Terbimbing dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis Siswa di SMA Negeri 8 Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. Bandar Lampung: Unila.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuanti-tatif Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Suryani, Nunuk dan Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Unila.
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Surabaya: Prestasi Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.