PENGARUH KETERAMPILAN TIK TUTORIAL SEBAGAI REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ni Wayan Desi Astiti, I Dewa Putu Nyeneng, Ismu Wahyudi

Abstract


This researchaimed to describe the influence oftutorial ICT skills for physics learning asremedialfor students physics learning result. Experimental designused aform ofPre-Experimental Design withOneGroupPre TestPost TestDesign type. The researchwas carried out byseveral procedures, they were:planning included a preliminary observation, implementation, testing of student ICT skills, collecting data, analyzing data, makingconclusion, andmaking report. Remediallearningusingtutorial ICT media could affectand enhancethe learning activities. Based on the analysisresults usingregression equation, showed that there was theinfluence of tutorialICT skillsas aremedial for students learningresults

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan TIK tutorial sebagai remidial untuk pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Desain eksperimen menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pre Test-Post Test Design. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: perencanaan berupa observasi pendahuluan, pelaksanaan, uji coba tes keterampilan TIK siswa, pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan, dan penyusunan laporan. Pembelajaran remedial dengan menggunakan media TIK tutorial ternyata dapat mempengaruhi dan meningkatkan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis menggunakan persamaan regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh keterampilan TIK tutorial sebagai remedial terhadap hasil belajar siswa.

Kata kunci: keterampilan TIK tutorial, pembelejaran dengan TIK tutorial, pembelajaran remedial.



Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Astuti, Meitri. 2014. Pemanfaatan Media TIK Tutorial untuk Remedial pada Pembelajaran Alat Ukur di SMP. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Kesuma, R. Mursid Intan. 2012. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis TIK dan Kecerdasan Emosional Siswa terhadap Hasil Belajar Siswa Kimia. Medan: Universitas Negeri Medan.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mulyadi. 2012. Diagnosis Kesulitan Belajar. Jakarta: Nuba Intera.

Noer, Sri Hastuti. 2010. Peningkatan Berpikir Kritis, Kreatif, dan efektif (K2R) matematis siswa SMP melalui pembelajaran masalah. Disertasi. UPI: Tidak diterbitkan.

Nova, Ronaldo. 2010. Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Media CAI (Computer-Assited-Introduction) dengan Tipe Tutorial Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa). Jurnal Pendidikan volume 05 Nomor 0111. (online). (http://www.repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/3728. diakses 30 Februari 2015).

Siahaan, Sardianto Markos. 2012. Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Fisika. Palembang: Universitas Sriwijaya.

Sugiyono. 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabetha.

Tim Pengembang Ilmu Pendidikan FIP-UPI. 2007. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: PT. Imperal Bhakti Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.