PENGEMBANGAN BUKU SISWA KINEMATIKA BERMUATAN NILAI KARAKTER DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

Heru Sapto Nugroho, I Dewa Putu Nyeneng, Ismu Wahyudi

Abstract


This research aimed to develop student book with character value and scientific approach for senior students which is attractive, easy, useful and effective to be used as a learning media. The development procedures consist of: need analysis, resources identification, identification of product spesifications, product development, product validity, internal test, external test of product, revision, and production. Results of external test showed that student book has a score 81,5% that student have passed the test and indicate that student book is effective to be used in learning. Beside of that student book has scores of 3,58 in attractiveness, 3,44 in easiness and 3,41 in usefulness, so student book has excellent category.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan buku siswa bermuatan nilai karakter dengan pendekatan saintifik pada materi kinematika untuk siswa SMA dengan tujuan mengetahui kemenarikan, kemudahan, kemanfaatan, dan keefektifan buku siswa tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Tahapan prosedur pengembangan meliputi: analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi produk, pengembangan produk, validasi produk melalui uji internal, revisi produk 1, uji eksternal produk, revisi produk 2, dan produksi masal. Hasil uji eksternal menunjukkan buku siswa efektif digunakan pada pembelajaran yaitu mencapai 81,5 % siswa tuntas KKM. Selain itu, hasil menunjukkan bahwa buku siswa memiliki skor sebesar 3,58 pada uji kemenarikan, skor sebesar 3,44 pada uji kemudahan dan skor sebesar 3,41 pada uji kemanfaatan sehingga buku siswa berkategorikan sangat baik.


Kata kunci: buku siswa, buku siswa berkarakter, nilai karakter, pendekatan saintifik.


Full Text:

PDF

References


Aqib, Zainal, dan Sujak. 2011. Panduan dan Aplikasi Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.

Arsyad, Azhar. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan.

Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.

Khan, Yahya. 2010. Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publising.

Pusat Kurikulum Kemdiknas. 2009. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta: Pusat Kurikulum Balitbang Kemdiknas.

Putri, M. Atiko. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan Snowball Throwing untuk Mengembangkan Karakter Komunikatif dan Rasa Ingin Tahu SMP. Skripsi. Semarang: FMIPA UNNES

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandar Lamung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Suyatna, Agus. 2013. Desain Pembelajaran Fisika dengan Scientific Approach Menggunakan Kurikulum 2013. (Materi Seminar). Bandar Lampung: Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.