PENGEMBANGAN PERANGKAT ASESMEN OTENTIK TERTULIS PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU MELALUI SCIENTIFIC APPROACH

Lusi Wulandari, Chandra Ertikanto, Ismu Wahyudi

Abstract


This development research aimed to develop an authentic assessment written in integrated science learning through scientific approach and describe the appropriateness, easiness, and useful of products development. This research used research development. Steps of development consist of potentials and problems, gathering the data, product design, validity design, revision design, product test, revision product, usage test, revision product, and the production. The instrument assessment is reliable, because score of reliability is 0.65 which means high and students have been completed the assessment using the product as much as 95.43%. Based on the research, it can be concluded that the appropriateness, easiness and useful of products have high criteria.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat asesmen otentik tertulis pada pembelajaran IPA Terpadu melalui scientific approach serta mendeskripsikan kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan penggunaan produk hasil pengembangan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Langkah-langkah penelitian dimulai dari potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk dan produksi. Perangkat asesmen dikatakan reliabel, karena skor reliabilitas mencapai 0,65 yang berarti tinggi dan siswa yang telah tuntas dalam penilaian menggunakan produk hasil pengembangan sebanyak 95,43%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan penggunaan produk mempunyai kriteria tinggi.

Kata kunci: asesmen otentik tertulis, pembelajaran IPA terpadu, scientific approach

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. 2012. Model Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal Pendidikan Karakter UPI. (Online). (http://journal.uny.ac.id. Diakses 12 April 2014).

Anderson, L. W., dan David R. K. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessning. New York: Pre-Press Company, Inc.

Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi II. Jakarta: Bina Aksara.

Bakti, S. A., Kusairi, S., dan Muhardjito. 2014. Pengembangan Model Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013. (Online). (http://jurnal-online.um.ac.id. Diakses 20 November 2014).

Haryati, M. 2013. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Referensi.

Kemendikbud. 2013. Permendikbud No 66 tentang Standar Penilaian Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. 2014. Permendikbud No 104 tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik. Jakarta: Kemendikbud.

Muchtar, H. 2010. Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Pendidian Penabur. (Online). (http://www.bpkpenabur.or.id. Diakses 12 April 2014).

Pantiwati, Y. 2013. Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. (Online) (http://ejournal.unri.ac.id Jurnal Edukasi Pendidikan dan Sains Universitas Muhammadiyah Malang. Diakses 17 Maret 2014).

Sani, R., A. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Taufina. 2009. Authentic Assessment dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas Rendah Sd. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan (Online) (http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Diakses 20 November 2014).

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the authors. Published by the Program Studi S1 Pendidikan Fisika, FKIP, Universitas Lampung in collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0).  license.