PENGARUH KETERAMPILAN PROSES SAINS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP SISWA PADA RANAH KOGNITIF
Abstract
The students conceptual understanding of physic is still difficult to reach. Most of the students didnt like physic because too difficult to understand physic concept if the student didnt pay their attention in science learning well. This research aims to determine whether there was any effect of the application of science process skills to students conceptual understanding and improve of student conceptual understanding in SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Data from the research is gotten by sample class that is given some actions in the learning process with science process skills method. Based on analysis of the data, there was a positive and significant effect between science process skills on students conceptual understanding in cognitive domain and there was a significant increase in the science learning outcome after experiencing cognitive approach to learning science process skills method .
Penguasaan konsep fisika siswa masih sulit untuk dicapai. Sebagian siswa bahkan tidak menyukai fisika karena sulit memahami konsep fisika kalau tidak memperhatikan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep siswa dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan penguasaan konsep pada siswa SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. Data diperoleh dari hasil penelitian pada kelas sampel yang diberikan perlakuan pada proses pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil analisis data, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keterampilan proses sains terhadap penguasaan konsep siswa pada ranah kognitif dan terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar sains ranah kognitif setelah mengalami pembelajaran dengan pendekatan keterampilan proses sains.
Kata kunci: keterampilan proses sains, kognitif, penguasaan konsep, peningkatan.
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman, Mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2007. Penilaian Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Awaluddin. 2008. Statistika Pendidikan. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Bambang. 2005. Daftar Keterampilan Proses Dalam Sains (secara individu). Jakarta: Rineka Cipta.
Devi, K. P., Renny, S., & Yayan, R. 2011. Pendekatan Keterampilan Proses Pada Pembelajaran IPA. (Online), (http://www.bpptkpu-jabar.com/materi/0109_SMA_05.pdf, diakses 21 Maret 2011).
Indrawati. 1999. Keterampilan Proses Sains: Tinjauan Kritis dari Teori ke Praktis. Bandung: Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Nuh, Usep. 2010. Keterampilan Proses Sains (Online), (http://fisikasmaonline.blogspot.com/2010/03/keterampilan-proses-sains.html, diakses 21 Maret 2011).
Rustaman, Nuryani. 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi. Jakarta: Penerbit JICA.
Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Semiawan, Conny. 1992. Pendekatan Keterampilan Proses, Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: PT. Grasindo.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.