PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL DAN SOSIAL PADA PEMBELAJARAN IPA TERPADU
Abstract
The purpose of this research was to make an assesment instrument of spiritual (divinity) and social attitudes (environmental devotion) in integrative science learning for junior high school students about learning topic the changing of our surroundings. Development method was adapted from the development method by Sugiyono (2013) which contains of seven stages of development. Validation design which contains construction, substantion, and language was tested to two expert and showed that the instrument had high validity with 3,56 validity score. After the validity test, then the instrument was tested its reability which was done to students of VII 1 at SMP Global Madani Bandar Lampung in academic year 2013/2014 which consists of 19 students. The result of the reliability test showed that the instrument had high realibility with 0,878 alpha cronbach’s score. The result of research showed that the instrument was valid and reliable to measure of divinity and environmental devotion attitudes.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan instrumen penilaian sikap spiritual (nilai ketuhanan) dan sosial (nilai kecintaan terhadap lingkungan) pada pembelajaran IPA terpadu untuk SMP pada tema pembelajaran perubahan di sekitar kita. Metode pengembangan diadaptasi dari metode pengembangan menurut Sugiyono (2013) yang meliputi tujuh tahapan pengembangan. Validasi desain yang meliputi aspek konstruksi, substansi, dan bahasa diujikan kepada dua orang ahli dan diperoleh skor validitas sebesar 3,56 dengan kategori validitas sangat tinggi. Setelah uji validasi, kemudian dilakukan uji reliabilitas yang dilakukan pada siswa kelas VII 1 SMP Global Madani Bandar Lampung tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 19 siswa. Hasil uji reliabilitas diperoleh alpha cronbach’s sebesar 0,878 dengan kategori reliabilitas sangat tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen valid dan reliabel untuk mengukur nilai ketuhanan dan nilai kecintaan terhadap lingkungan dan layak untuk digunakan.
Kata kunci: instrumen penilaian sikap, nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, pengembangan
Full Text:
PDFReferences
Afrizon, Renol, Ratnawulan, dan Ahmad Fauzi. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1. (Online), Hal: 7-9, (http://www.portalgaruda.org/download_article.php?article=25036&val=1546, diakses 20 November 2013).
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Saifuddin. 2000. Sikap Manusia Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Fogarty, Robin. 1991. The Mindful School: How to Integrate the Curricula. (Online), (Http://www.asc/.../el_1999110_fogarty.pdf, diakses 21 Januari 2014).
Haryati, Mimin. 2007. Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Gaung Persada Press.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VII SMP/MTs. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Ma’mur, Jamal. 2011. Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press.
Nurhayati, Lilis Ati, Yufiarti, dan Eka Suhardi. 2012. Hubungan Antara Pengetahuan Lingkungan Hidup dan Kecerdasan Spiritual dengan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat Siswa SMPN Kota Sukabumi. Jurnal Pendidikan Lingkungan Hidup. Vol 1. No1. (Online), (Http://www.pasca.unpak.ac.id/ejournal/index.php/PLH/article/download, diakses 21 Januari 2014).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Puslitjaknov. 2008. Metode Penelitian Pengembangan. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan dan Inovasi Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.
Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung (tidak diterbitkan).
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.