PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN TERHADAP LINGKUNGAN

Rosita Kurniawati, Undang Rosidin, Ismu Wahyudi

Abstract


The purposes of this research were to develop learning tools in science included syllabus and lesson plans consist of divinity and love the environment value, to know how the effectiveness, and teacher’s reaction about it. The research started by identifying problems, then collecting of data for designing the first product. After that, the product would be validated with masters, then continued with limited test and got some revisions again. Before it could be the last product, it has to be tested in field. The subject of the research has been done for science teacher of VIII3 grade at Junior High School 1 Bandar Lampung. The result of testing product showed that students have completed to reach the KKM 83,87% in knowledge, 100% and 83,87% in spiritual and social attitude, and then 80,65% in skilled, it means the development of learning tools appropriate and effective used for studying.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan perangkat pembelajaran sains berupa silabus dan RPP bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan terhadap lingkungan, mengetahui keefektifannya, dan tanggapan guru mengenai produk tersebut. Penelitian diawali dengan identifikasi masalah, kemudian mengumpulkan data untuk mendesain produk awal. Setelah desain direvisi, produk divalidasi oleh ahli, dilanjutkan uji terbatas dan direvisi kembali. Sebelum dihasilkan produk akhir, terlebih dahulu produk diuji di lapangan. Subjek penelitian dilakukan kepada guru IPA SMP Negeri 1 Bandar Lampung di kelas VII3. Hasil uji produk menunjukkan siswa yang telah mencapai KKM 83,87% pada aspek pengetahuan, 100% dan 83,87% pada sikap spiritual dan sosial, serta 80,65% pada aspek keterampilan, artinya perangkat yang dikembangkan layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran.

Kata kunci: nilai kecintaan terhadap lingkungan, nilai ketuhanan, perangkat pembelajaran sains.


Full Text:

PDF

References


Anwar. 2004. Ilmu Pengetahuan dan Agama. Bandung: Remaja Rosdakarya. (On Line), (http://www.fisika.org/implementasi pembelajaran-fisika-membentuk- holistik-dan-sadar-lingkungan/), diakses 15 September 2013).

Departemen Agama. 2010. Al Qur’an dan Terjemahan untuk Wanita. Bandung: Jabal.

Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia.

Koesoema, Dani.2010. Pendidikan Karakter Strategi mendidik Anak di Zaman.Global. Jakarta: Grasindo.

Mendikbud. 2013. Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mendikbud. 2013. Permendikbud No. 66 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Mendikbud. 2013. Permendikbud No. 81A tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbud.

Muslich, Masnur. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Malang: Bumi Aksara.

Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Membentuk Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Unila.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2011. Character Building, Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Gorontalo: Bumi Aksara.

Yulaelawati, Nana. 2004. Pengembangan Kurikulum, Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.