PENGEMBANGAN BUKU SISWA DALAM PEMBELAJARAN SAINS BERMUATAN NILAI KETUHANAN DAN KECINTAAN LINGKUNGAN
Abstract
The purpose of this research was to develop students book for science learning that contains the value of divinity and environment devotion for junior high school students. The subjects of this research were design and material experts and students of class VII-1 Global Madani Junior High School. Development method was adapted from the development model of learning media by Suyanto and Sartinem (2009) which contains of seven stages of development. The results of feasibility tests by design expert and material expert showed that the design quality of the book was excellent (89%), and the material quality of the book was good enough (56%). Furthermore, from the results of the trial test showed that for the appealing aspect of the students book with very attractive category (3,51), for the easeness aspect with very easy to use category (3,36), and for the usefullness aspect with very usefull category (3,35). The results of the effectiveness test showed that the book was effective for science learning.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku siswa pembelajaran sains bermuatan nilai ketuhanan dan kecintaan lingkungan bagi siswa SMP. Subjek penelitian ini yaitu ahli desain dan ahli materi serta siswa kelas VII-1 SMP Global Madani. Metode pengembangan diadaptasi dari model pengembangan media pembelajaran oleh Suyanto dan Sartinem (2009) yang meliputi tujuh tahapan pengembangan. Hasil uji kelayakan oleh ahli desain dan ahli materi didapatkan bahwa kualitas design buku sangat baik (89%), dan kualitas materi buku cukup baik (56%). Selanjutnya, dari hasil uji coba pemakaian diperoleh bahwa untuk aspek kemenarikan buku siswa dengan kategori sangat menarik (3,51), untuk aspek kemudahan dengan kategori sangat mudah digunakan (3,36) dan untuk aspek kemanfaatan dengan kategori sangat bermanfaat (3,35). Hasil uji keefektifan menunjukkan bahwa buku efektif untuk pembelajaran sains.
Kata kunci: buku siswa, nilai kecintaan lingkungan, nilai ketuhanan, pengembangan.
Full Text:
PDFReferences
Afrizon, Renol. Ratnawulan. Ahmad Fauzi. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas IX MTsN Model Padang pada Mata Pelajaran IPA Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 1. (Online), Hal: 7-9, (http://www.portalgaruda.org/download_article.php?article=25036&val=1546 diakses 20 November 2013)
Arsyad, Azhar. 2000. Media Pengajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Rosidin, Undang. 2013. Pengembangan Program Pembelajaran Sains Bermuatan Nilai Ketuhanan dan Kecintaan terhadap Lingkungan untuk Memperkuat Karakter Siswa SMP. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan). Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.
Rusydi, Ibnu. 2012. Paradigma Pendidikan Agama Integratif Transformatif. Jurnal Pendidikan Islam. (Online), Volume 1, No.1, Hal.: 105-120, (http://portalgaruda.org/download_article.php?article=113369&val=5177 diakses 20 November 2013)
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Supriadi, Dedi. 2005. Membangun Bangsa melalui Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.
Zuchdi, Darmiyati. Zuhdan Kun Prasetya. Muhsinatun Siasah Masruri. 2013. Model Pendidikan Karakter Terintegrasi dalam Pembelajaran dan Pengembangan Kultur Sekolah. Yogyakarta: Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.