PERBANDINGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MENGGUNAKAN MEDIA SIMULASI KOMPUTER DAN MEDIA REALIA

Sigit Triwibowo, Abdurrahman Abdurrahman, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


The purpose of this research is to compare the cognitive result mean of students who use realia media with students who use computer simulation media. Another purpose of this research is to determine the increasing of cognitive result mean from using each of those media. The results of this research showed that there was an increasing in cognitive result of students who used computer simulation media, the average of normalized gain was increasing 0.36 at medium categorized; There is an increasing in cognitive result of students who used realia media, the average of normalized gain was increasing 0.31 at medium categorized; There is a difference cognitive result mean of students in physics class who used computer simulations media with students who used realia media, 71.92 for the class that used the computer simulations media and 67.37 for the class that used realia media.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan nilai rata-rata hasil belajar kognitif siswa yang pembelajarannya menggunakan media realia dengan siswa yang menggunakan media simulasi komputer. Penelitian ini juga bertujuan mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar kognitif siswa dari penggunaan masing-masing media. Hasil penelitian ini menunjukkan ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang pembelajarannya menggunakan media simulasi komputer, dengan rata-rata kenaikan gain ternormalisasi 0,36 yang berkategori sedang; Ada peningkatan hasil belajar kognitif siswa yang pembelajarannya menggunakan media realia, dengan rata-rata kenaikan gain ternormalisasi 0,31 yang berkategori sedang; Ada perbedaan rata-rata hasil belajar kognitif fisika siswa yang menggunakan media simulasi komputer dengan media realia, yaitu 71,92 untuk kelas yang menggunakan media simulasi komputer dan 67,37 untuk kelas yang menggunakan media realia.

Kata kunci: hasil belajar kognitif, media realia, simulasi komputer.


Full Text:

PDF

References


Bachtiar. 2005. Media Pembelajaran Untuk Sekolah. Bumi Aksara. Jakarta.

Cahya, Bisono I. 2013. Penggunaan Aplikasi Multimedia Pembelajaran Topologi Jaringan Komputer Berbasis macromedia Flash Untuk meningatkan Hasil belajar Mata Pelajaran TIK Siswa Kelas XI SMAN 1 Godean. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Hamalik, Oemar. 1986. Media Pendidikan. Universitas Terbuka. Jakarta.

Hamzah B. Uno. 2011. Model Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Khan, Amri & Nur Intan. 2012. Karakteristik Media Tiga Dimensi.From: (amri_khan@mig33.com). Tanggal akses 10 November 2012.

Martiningsih. 2008. Apakah Penggunaan Media Benda Asli Dapat Meningkatkan Prestasi Belajar Bangun Ruang Siswa Kelas Ix Smp Al Muslim Waru Sidoarjo. From:(http://techonly13.wordpress.com/2009/08/26/apakahpenggunaan- media-benda aslidapat- meningkatka-prestasbelajar bangun-ruang-siswakelas ix-smp-al-muslim-warusidoarjo/). Tanggal akses 26Agustus 2011.

Mishadin. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Elektronika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI di SMK 1 Sedayu Bantul. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Nugroho, Joko. 2010. Perbandingan Hasil Belajar Kognitif Fisika Siswa Yang Praktikum Hand On Dengan Simulasi Komputer Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Seputih Agung Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010. Universitas lampung. Bandar Lampung.

Purnama, Unty B. 2012. Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Belajar IPA Materi Tanah. Universitas Sebelas Maret. Surakarta.

Sudjana.2004. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.