Development of REACT- Based Physics Braille Learning Module in Linear Motion

Safitri Wulandari, Winarti Winarti

Abstract


This research aims to develop a valid and feasible physics braille module based on Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, and Transferring (REACT) learning model in linier motion. This study used R&D design with a procedural model that modified from the 4-D model consisting of define, design, and develop. The methods used in collecting data in this study are from interview and questionnaire. This study has successfully developed a valid and feasible physics braille module based on REACT, with the average scores of 3.12 for content and 2.85 for media aspect. These results also supported by the inclusive teachers and students who gave positive responses.

 

 

Keywords: braille module, inclusive, linier motion, REACT


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpf.v7.n1.201905


Full Text:

PDF

References


Aprianti R, Desnita, Budi E. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Dilengkapi dengan Media Audio-Visual untuk Meningkatkan Hasil belajar Fisika Peserta Didik SMA. Prosiding Seinar Nasional Fisika Vol.4 p-ISSN: 2339-0654 e-ISSN: 2476-9398

Arsadani M E, Winarti. ….. . Pengembangan Modul IPA Fisika SMP Materi Suhu untuk Siswa Tunanetra. ………….

Atira, Wahyu U, Saehana S. ….. . Pengembangan Modul Berciri Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Tekanan. Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Vol.5 No.3 p-ISSN 2338 3240/e-ISSN 2580 5924

Depdiknas. 2003. Pedoman Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.

Effendi Mohammad. 2006. Pengantar Psikopedagogik Anak Berkelainan. Jakarta: Bumi aksara.

Iradaty F. 2017. Peraga Mikrometer Sekrup Braille untuk Siswa Tunanetra. Jurnal Inklusi: Journal of Disability Studies Vol.4 No.1 Januari-Juni 2017 DOI: 10.14421/ijds.040104

Khoswantoro, dkk. 2003. Mesin Printer Braille menggunakan Mikrokontroler MCS-51. Universitas Kristen Petra: Jurnal Teknik Elektro Vol.3.

Komalasari, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.

Minarti, dkk. 2010. Pengembangan Braille Talking Calculator Berbasis Microcontroller Sebagai Media Bantu Hitung Bagi Penyandang Tunanetra di SLB A Yaketunis. Artikel Penelitian PKPM UNY.

Munif A, Susanto H, Susilo. 2016. Pengembangan Bahan Ajar Audio Berbasis Inkuiri Berbantuan Alat Peraga pada Materi Gerak untuk Anak Tunanetra Kelas VII SMP/MTs LB. Jurnal UPEJ Vol.5 No.3 ISSN 2252-6935.

Nasution, S. 2008. Berbagai Pendidikan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurdiasari D, Sudarti. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Kontekstual Disertai Cergam Materi Listrik Dinamis SMA Kelas X. Jurnal Pembelajaran Fisika Vol.6 No.1

Putra, Nusa. 2011. Research & Development. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Somantri, Sudjihati. 2007. Psikologi Anak Luar Biasa. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tim Puslitjaknov. 2008. Metode Peneliian Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksar

Utami R, Purwanto, J., Winarti. 2013. Rancang Bangun Perangkat Eksperimen Hukum Archimedes untuk MTs LB/A Yaketunis Kelas VIII. Jurnal Inklusi Vol 1 no 1 Desember 2013. ISSN : 2354-7367.

Winarti. 2018. Pengembangan Model Pembelajaran Sains Kontekstual untuk Peserta Didik Difabel Netra. ……………..

W T Alhidayatuddiniyah, Sumarni R A, Astuti S P. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Interaktif Berbasis Macromedia Flash Pro CS6 untuk SMA pada Pokok Bahasan Kinematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika Vol. 9 No.1-April 2018 p-ISSN 2086-2407, e-ISSN 2549-886X

Yudistira F R & Winarti. 2014. Pengembangan Modul Fisika Pokok Bahasan Hukum Newton bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Tunanetra) Di Kelas Inklusi SMA/MA Kelas X. JRKPF UAD Vol.1 No.1 April 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.