Pengaruh Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi
Abstract
This research aimed to find the influence of interactive Macromedia Flash based teaching media implementation toward learning outcome. The research samples are X IPA 5 class and X IPA 6 class students in SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung. This research was done by using Non Equivalent Control Group Design. The data were tested by normality test, homogeneity test, and Independent Sample T-Test. The Independent Sample T-Tests result got Sig. (2-Tailed) value less than 0,05, that is 0,03, so therere influence from interactive macromedia flash based teaching media implementation toward learning outcome. According to the learning outcome average value, the experiment class earn the average value of learning outcome higher than the control class, so the learning outcome from learn with interactive Macromedia Flash based teaching media is higher than learn with conventional media.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash terhadap hasil belajar siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 5 dan X IPA 6 SMA Al-Azhar 3 Bandarlampung. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Non Equivalent Control Group Design. Data diuji dengan analisis uji normalitas, uji homogenitas, dan Independent Sample T-Test. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ditemukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada rata-rata hasil belajar siswa antara pembelajaran menggunakan dengan tidak menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash pada materi hukum Newton tentang gravitasi. Terdapat peningkatan pada rata-rata hasil belajar setelah pembelajaran menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Macromedia Flash.
Kata kunci: Media, Interaktif Pembelajaran, Macromedia Flash, Hasil Belajar
Full Text:
PDFReferences
Akbas, O. dan Pektas, H. M. 2013. The Effects of Using An Interactive Whiteboard on The Academic Achievement of University Students. Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching Journal. 12(2): 45-54.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Handhika, J. 2012. Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Unnes. 1 (2): 109-114. journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/viewFile/2127/2228.
Larichie, A. E., Maharta, N., dan Abdurahman. 2014. Pengembangan Multimedia Pembelajaran Hukum Newton Tentang Gravitasi Dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal FKIP Unila. 2 (7): 69-83. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/7582.
Mardianti, Lia. 2011. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Pemahaman Siswa pada Konsep Bunyi. Skripsi FITK UIN Syarif Hidayatullah.
Murtiani, Fauzan, A., dan Wulan, R. 2012. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Berbasis Lesson Study dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di SMP Negeri Kota Padang. Jurnal FKIP UNP. 1(21): 14-21.
Ornek, F., Robinson, W. R., dan Haugan, M. P. 2008. What Makes Physics Difficult. International Journal of Environmental & Science Education from Australia. 3(1): 30 34.
Sakti, Indra. 2013. Pengaruh Media Animasi Fisika Dalam Model Pembelajaran Langsung (Direct Instruction) Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Negeri Kota Bengkulu. Prosiding Semirata FMIPA Unila. 1(1) (2013): 493-498. http://jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/view/778.
Samudra, Suastra, dan Suma. 2014. Permasalahan-Permasalahan yang Dihadapi Siswa SMA di Kota Singaraja dalam Mempelajari Fisika. Jurnal Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4(1): 18-25. http://pasca.undiksha.ac.id/e-journal/index.php/jurnal_ipa/article/view/1093/841.
Setiyawan, R.T., Sutarto, dan Subiki. 2012. Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika dengan Metode Demonstrasi yang Dilengkapi Media Lingkungan pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 13 Jember. Jurnal FKIP Universitas Jember. 1(2): 206-211.
Trindade, Jorge F. e. 2010. Improving Physics Learning with Virtual Environments: An Example on The Phases of Water. Centre for Computational Physics University of Coimbra Journal. 2(11):212-226.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.