Pengaruh Penggunaan Modul LCDS terhadap Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Afektif

Rofiana Rachmad, Chandra Ertikanto, Wayan Suana

Abstract


The purpose of this research was to describe the influence of the use of LCDS modules against the results of the cognitive and affective of learning. The population of the entire grade X IPA SMAN 1 Terbanggi Besar. Sampling techniques using cluster random sampling, with X IPA 3 as class experiments using LCDS modules and X IPA 4 as a control class using the print book and LKS. This type of research was quasi experimental design with non-equivalent control group pretest posttest design. Based on T-test, there is a significant influence of the use of LCDS modules because the value of the Sig (2-tailed) cognitive and affective domains of 0.000 < 0.05, with an average of N-gain cognitive and affective experimental class of 0.7 and 0.5, whereas in the control of class 0.6 and 0.3.


Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan modul LCDS terhadap hasil belajar kognitif dan afektif. Populasinya seluruh siswa kelas X IPA SMAN 1 Terbanggi Besar. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling, dengan X IPA 3 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan modul LCDS dan X IPA 4 sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku cetak dan LKS. Jenis penelitian ini quasi experimental design dengan non equivalent control group pretest posttest design. Berdasarkan uji T, terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan modul LCDS karena nilai Sig.(2-tailed) ranah kognitif dan afektif sebesar 0,000 < 0,05, dengan rata-rata N-gain kognitif dan afektif kelas eksperimen sebesar 0,7 dan 0,5, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,6 dan 0,3.

Kata Kunci: LCDS, Hasil Belajar Kognitif dan Afektif, Suhu dan Kalor.

Full Text:

PDF

References


Aremu, Ayotola dan Bamidele Michael Efuwape. 2013. A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics Technology-Issues on Acceptability and Usability in Nigeria. American Journal Of Education Research. 1 (2): 41 48.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyani, Alitta, I Dewa Putu N., & Suyanto, E. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan LCDS Pada Materi Hukum Newton Tentang Gravitasi. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4 (1): 119-130.

Kurniawan, D., Suyatna, A., & Suana, W. 2014. Pengembangan Modul Interaktif dengan Menggunakan Learning Content Development System pada Materi Listrik Dinamis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 3 (6): 1-10.

Priyatno. 2010. Paham Analisa Statistik Data Dengan SPSS. Jakarta: Buku Seri.

Putri, Dwi Fista Setyo, Suparmi, dan Sarwanto. 2014. Pengembangan Modul Interaktif Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Pokok Bahasan Fluida di SMKN 6 Surakarta. Jurnal Inkuiri. 3 (01): 1-10.

Smaldino, Lowther, dan Russel. 2012. Instructional Technology and Media for Learning. University of California: Easten Connecticut State University.

Sudijono, Anas. 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sujanem, Rai, I Nyoman Putu Suwin-dra, dan I Ketut Tika. 2009. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Siswa Kelas I SMA. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Universitas Pendidikan Ganesha. 42 (2): 97-104.

Sunantri, A., Suyatna A., & Rosidin, U. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4 (1): 107-117.

Suradnya, L. S. A., Suyanto, E., & Suana W. 2016. Modul Interaktif dengan Program LCDS untuk Materi Cahaya dan Alat Optik. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4 (2): 35- 46.

Syauqi, Khusni. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Las Busur Manual Di Smk Negeri 1 Sedayu. (Online). Tersedia:https://www.scribd.com/doc/216083525/Artikel Pengembangan-Media-Pembelajaran-Modul-Interaktif-Las-Busur-Manual Di-Smk-n-1-Sedayu. Diakses pada 23 Desember 2016.

Widodo, Chomsin dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Alex Media Komputindo.

Wulandari, S. R., Suyanto, E., & Suana, W. 2016. Modul Interaktif dengan Learning Content Development System Materi Pokok Listrik Statis. Jurnal Pembelajaran Fisika. 4 (2): 23-34.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.