PENGARUH SKILL ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA
Arina Khusnayain, Abdurrahman -, Agus Suyatna
Abstract
Efforts to develop scientific literacy of student is done by applying learning invites students to learn science by confirm-ing something by reason, facts, and consideration of the arguments. This learn-ing process invites students to hone their skills so that the argument that science is able to solve the problems exiting in the environment. This study aims: (1) to describe the influence of argumentation skills to science literacy, and (2) knowing increase science literacy students by using argumentation skills. The result show that: (1) there is a positive linear effect and significant correlation between ar-gumentation skills against science literacy; (2) a significant increase scientific lit-eracy of student by using argumentation skills.
Proses pembelajaran yang berlangsung di sekolah saat ini kurang memperhatikan literasi sains siswa. Upaya pengembangan literasi sains siswa dilakukan dengan menerapkan pembelajaran yang mengajak siswa untuk belajar sains dengan membenarkan sesuatu berdasarkan alasan, fakta, dan pertimbangan argumen. Proses pembelajaran ini mengajak siswa untuk mengasah skill argumentasinya sehingga mampu menyelesaikan permasalahan sains yang ada di lingkungannya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh skill argumentasii terhadap literasi sains siswa, dan (2) mengetahui peningkatan literasi sains siswa dengan menggunakan skill argumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh linear yang positif dan signifikan antara skill argumentasii terhadap literasi sains siswa; (2) terjadi peningkatan yang signifikan dari literasi sains siswa menggunakan skill argumentasi.
Kata kunci: literasi sains, model pbl, skill argumentasi
Abbas, S. dan Sawamura, H. 2009. Developing an Argument Learn-ing Environment Using Agent-Based ITS (ALES). Education Da-ta Mining. 1, 200-209. Ekanara, Bambang. 23 Agustus 2011. Hubungan Kemampuan Penalaran Dengan Keterampilan Argumentasi Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Melalui Pembelajaran Problem Based Learning. Diakses 16 November 2012 dari http://repository.upi.edu/
Firman, H. 2007. Laporan Analisis Literasi Sains Berdasarkan Hasil PISA Nasional Tahun 2006. Ja-karta: Pusat Penelitian Pendidikan Balitbang Depdiknas.
Hendrawati, Sri. Februari 2012. Literasi Sains dan teknologi. Diakses 14 Maret 2012 dari http://srihendrawati.blogspot.com/
Perkins, D. N. 1985. Postprimary Edu-cation Has Little Impact on In-formal reasoning. Journal of Re-search in Science Teaching. 41, (10), 994-1020.
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.