PENGARUH SKILL REPRESENTASI GRAFIS TERHADAP PENGUASAAN KONSEP FISIKA SISWA
Abstract
The Effect of Graph Representation Skill Against Concept Comprehension Through Guided Inquiry. This experimental study aims to determine the effect of graph representation skill against concept comprehension through guided inquiry. The experimental design is a one-shot case study, the population was that all of class X SMAN 2 Metro even semester of academic year 2016/2017. Samples were students of class X IPA 3 were taken using cluster random sampling. Based on the results of the simple linear regression test is concluded that there is a positive and significant correlation between grafis representation skill of the students concept comprehension in the cognitive domain through guided inquiry. The magnitude of the effect of graph representation skill against students concept comprehension in the cognitive domain through guided inquiry amounted to 52,3%. The degree of relation grafis representation skill and students concept comprehension had a strong relationship and its influence contributed positively.
Pengaruh Skill Representasi Grafis Terhadap Penguasaan Konsep Fisika Melalui Model Inkuiri Terbimbing. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh skill representasi grafis terhadap penguasaan konsep fisika siswa melalui inkuiri terbimbing dan mengetahui peningkatan penguasaan konsep fisika siswa menggunakan skill representasi grafis. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Metro semester genap tahun ajaran 2016/2017. Sampel penelitian adalah siswa kelas X IPA 3 yang diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Berdasarkan hasil uji regresi linear sederhana diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara skill representasi grafis terhadap penguasaan konsep fisika siswa melalui inkuiri terbimbing. Besarnya pengaruh skill representasi grafis terhadap penguasaan konsep fisika siswa melalui inkuiri terbimbing sebesar 52,30%. Penguasaan konsep siswa dan skill representasi grafis memiliki hubungan yang kuat dan berkontribusi positif.
Kata kunci:model pembelajaran inkuiri terbimbing, penguasaan konsep, skill representasi grafis
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikunto, S. 2010. Evaluasi Program Pembelajan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arum, I. D. M., & Abdurrahman, A. 2014. Pengaruh Kemampuan Representasi Visual Terhadap Hasil Belajar Fisika. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(5).
Eggen, Paul. 2012. Strategi Pembelajaran Mengajar Konten dan Ketrampilan Berpikir edisi 6. Jakarta: PT Indeks.
Hadijah. 2012. Pengaruh Skill Representasi Grafis Terhadap Penguasaan Konsep Gerak Fisika SMA. Skripsi. Universitas Lampung. Bandar Lampung.
Hikmat & Ridwan Efendi. 2011. Representasi Momentum dan Impuls Melalui Diagram. Journal Pendidikan Fisika, 4 (2): 1-4. (On Line). Tersedia: (http://file.upi.edu/Direktori/FPMIPA/JUR._PEND._FISIKA/AHMAD_SAMSUDIN/Publikasi/26PFis_Hikmat.pdf). Diakses pada pukul 21.00 tanggal 23 September 2016.
Hwang, Wu-yein., Nian-Shing Chen, Jian-Jie Dung, & Yi-Lun Yang. 2007. Multiple Representation Skills and Creativity Effects on Mathematical Problem Solving using a Multimedia Whiteboard System. Educational Technology & Society, 10 (2): 191-212.
Monika, S. 2014. Pengaruh Kemampuan Membangun Mode Representasi terhadap Pemecahan Masalah Fisika dengan Menerapkan Inkuiri Terbimbing (Doctoral dis-sertation, Universitas Lampung).
Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Perindo.
Pahini, N., Abdurrahman, A., & Suana, W. 2014. Pengaruh Skill Multirepresentasi Siswa Terhadap Hasil Belajar Fisika Pada Model Pembelajaran Exclusive. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(5).
Sudjana, Nana. 2001. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Suryani, Nunuk. 2012. Strategi Belajar dan Mengajar. Yoyakarta: Penerbit Ombak.
Yusuf, Muhammad. 2012. Mul-terepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. Palembang: Universitas Sriwijaya.
Yowono, Galih. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Kemampuan Representasi Verbal, Gambar, Matematis, dan Gra-fik) di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 5 (1): 60-65. 65 (On Line). Tersedia: web.unej.ac.id. Diakses pada pukul 19.30 tanggal 8 Maret 2017.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.