PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL BERBASIS MULTIPLE REPRESENTATIONS PADA MATERI FLUIDA STATIS

Radha Indah Pratiwi, I Dewa Putu Nyeneng, Ismu Wahyudi

Abstract


This study aims to produce a contextual learning module based on multiple representations on the static fluid topic that is validated, attractive, easy, useful and effective. This research uses research and development research method with One-Group Pretest-Posttest research design. Furthermore, the expert test of the product consisting of expert test design and expert test of the topic with good result and the product is stated "valid" and small group test to 38 students in XI IPA 4 class in the SMAN 13 Bandarlampung, so that the result of the product are very interesting with score 3.48, very simplify with score 3.42, and useful with a score of 3.10. In the product effectiveness test obtained the result of N-gain value is 0.55 (medium), so that contextual learning module based on multiple representations on the static fluid topic has been tested effective and suitable for use as teaching topic.

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations pada materi Fluida Statis yang tervalidasi, menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian research and development dengan desain penelitian One-Group Pretest-Posttest. Selanjutnya dilakukan uji ahli produk yang terdiri dari uji ahli desain dan uji ahli materi dengan hasil baik dan produk dinyatakan valid serta uji kelompok kecil yaitu 38 siswa kelas XI IPA 4 di SMAN 13 Bandarlampung, sehingga diperoleh modul sangat menarik dengan skor 3,48, sangat mudah dengan skor 3,42, dan bermanfaat dengan skor 3,10. Pada uji keefektifan produk diperoleh hasil nilai N-gain yaitu 0,55 (sedang), sehingga modul pembelajaran kontekstual berbasis multiple representations pada materi Fluida Statis telah teruji efektif dan layak digunakan sebagai bahan ajar.

Kata kunci: Fluida Statis, Modul Berbasis Multiple Representations, Modul Kontekstual



Full Text:

PDF PDF

References


Abdurrahman, Apriliyawati, & Payudi. 2008. Limitation of representtation mode in learning gravitational concept and its influence toward student skill problem solving. Proceeding Of The 2nd International Seminar on Science Education. [Online]. Tersedia di scholar.google.co.id. Diakses pada 19 Oktober 2016.

Abdurrahman, Liliasari, A.Rusli, dan Bruce Waldrip. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multi Representasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Jurnal Cakrawala Pendidikan th.XXX. No 1. (Online). Tersedia di scholar. google.co.id. Diakses pada 4 Mei 2017.

Asfiah, Nailin, dan Mosik. Pengembangan Modul IPA Terpadu Kontekstual pada Tema Bunyi. Unnes Science Education Journal Volume 02 No 1. (Online). Tersedia di journal. unnes.ac.id. Diakses pada 7 Oktober 2016.

Asyhar, Rayandra. 2011. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Finnajah, Mutamimmah. 2016. Pengembangan Modul Fisika SMA Berbasis Multi Representasi guna Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar. Jurnal Radiasi Vol. 8 No.3. (Online). Tersedia di ejournal. umpwr.ac.id. Diakses pada 7 Oktober 2016.

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Jaya, Sang Putu Sri. 2011. Pengembangan Modul Fisika Kontekstual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X Semester 2 di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Vol. 1 No. 2. (Online). Tersedia di http: e-journal article. Diakses pada tanggal 7 Oktober 2016.

Kohl, Rosengrant dan Frankelstein. 2007. Strongly and weakly directed approaches to teaching multiple representation use in physics. Journal Physical Review Special Topics - Physics Education Research 3 University of Colorado at Boulder. Vol 3. No 3. [Online]. Tersedia di digitalcommons. kennesaw.edu. Diakses pada 19 Oktober 2016.

Meltzer D. E. 2002. The Relationship Between Mathemathics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: A possible Hidden Variable in Diagnostic Pretest Score. American Journal Physics. [Online]. Tersedia di http://physicseducation.net. Diakses pada 26 September 2016.

Suryaningsih. 2010. Pengembangan Media Cetak Modul sebagai Media Pembelajaran Mandiri. Jakarta: Salemba Empat.

Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandi, A. 2012. Pendekatan Multirepresentasi dalam Pembelajaran Usaha dan Energi dan Dampak terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. Vol 8. No 1. (Online). Tersedia di scholar. google.co.id . Diakses pada 19 Oktober 2016.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.