PENGARUH KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN RESPONS BAHAN AJAR MULTIREPRESENTASI TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
The purpose of research to know (1) the effect of the ability to think critically on student achievement; (2) the effect of the respone on student achievement; and (3) the effect of critical thinking skills and teaching materials multirepresentasion respone on student achievement. Research conducted in South Lampung MAN 1 2016/2017 academic year with the study design is one shot case study.Test using multiple linier regression.Based on the results, we concluded that (1) there is a significant effect of the influence of critical thinking skills to the student achievement with 56% coefficient of determination; (2) there is significant influence respone effect on student achievement with a coefficient of determination of 52%; (3) there is asignificant influence the effect of critical thinking skills and use of materials Physics respone multirepresentasi based on student achievement with a coefficient of determination of 66%.
Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar; (2) pengaruh respon terhadap hasil belajar; dan (3) pengaruh kemampuan berpikir kritis dan respon bahan ajar multirepresentasi terhadap hasil belajar. Penelitian dilaksanakan di MAN 1 Lampung Selatan tahun pelajaran 2016/2017 dengan desain penelitian adalah one shot case study. Uji menggunakan regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan (1) terdapat pengaruh signifikan pengaruh kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi 56%; (2) terdapat pengaruh signifikan pengaruh respon terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi 52%; (3) terdapat pengaruh signifikan pengaruh kemampuan berpikir kritis dan respon penggunaan bahan ajar Fisika berbasis multirepresentasi terhadap hasil belajar dengan koefisien determinasi 66%.
Kata kunci: Hasil Belajar, Kemampuan Berpikir Kritis, Multirepresentasi, Respon
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman., Liliasari., A. Rusli., & B. Waldrip. 2011. Implementasi Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi untuk Peningkatan Penguasaan Konsep Fisika Kuantum. Cakrawala Pendidikan, 1(1). Bandar Lampung: Unila.
Antinisa, Lulu. 2011. Pengaruh Respon Penerapan Metode Pembelajaran Masalah dengan Model Pq4r terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan MIPA, 1(1). Semarang: Iain Walisongo.
Afrizon, Renol., Ratnawulan., dan Ahmad Fauzi. 2012. Peningkatan Perilaku Berkarakter dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas Ix Mtsn Model Padang pada Mata Pelajaran IPA-Fisika Menggunakan Model Problem Based Instruction. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1). Padang: Universitas Negeri Padang.
Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Ennis, R. H. 1996. Critical thinking. Upper Saddle River, NJ: Prentice-Hall.
Irwandani. 2015. Multi Representasi sebagai Alternatif Pembelajaran dalam Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1). Bandar Lampung: IAIN.
Lestari, Lia. 2016. Penerapan Pendekatan Multi Representasi terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(4). Bandar Lampung: Unila.
Malamitsa, Katerina., and Michael Kasoutas. 2009. Developing Greek Primary School Students Critical Thinking through an Approach of Teaching Science which Incorporates Aspects of History of Science. Journal of Science & Education, 18(3). Greece: University of Athens.
Moore, T. D. 2007. Critical Thinking and Intelligence Analysis. Washington: National Defense Intelligence College.
Mulyana, Aina. 2015. Pengertian Hasil Belajar dan Faktor. (Online), tersedia: http: //ainamulyanablogspot.co.id/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan- faktor.htmldiakses 19 Oktober 2016.
Oktaviani, Siti. 2016. Pengaruh Kemampuan Berfikir Kritis pada Penggunaan LKS Discovery Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4), 61-70. Bandar Lampung: Unila.
Putra, Ilham Pramana. 2016. Pengembangan Modul Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Materi Fluida Dinamis. Jurnal Inkuiri, 5(1). Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Rendiansyah. 2013. Pengembangan Modul Berbasis Multirepresentasi Pada Materi Suhu dan Kalor. Modul. Bandar Lampung: Unila.
Sardiman, A.M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2011. Pengertian Prestasi Belajar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sutari, Tri Aisyah. 2014. Pengaruh Penggunaan Multirepresentasi terhadap Hasil Belajar Fisika di SMA Negeri 5 Banda Aceh tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Fisika Edukasi, 1(1). Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta. Wastuti, Nim KA. 2011. Respons Masyarakat Badegan Terhadap Siaran Dakwah KH Mabarun di Radio persatuan Bantul (Doctoral dissertation, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta).
Yusup, M. 2009. Multirepresentasi dalam Pembelajaran Fisika. disampaikan pada Seminar Nasional Pendidikan FKIP Unsri. Pada 14 Mei 2009.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.