PENGEMBANGAN INSTRUMEN PERFORMANCE ASSESSMENT FISIKA PADA PEMBELAJARAN LABORATORIUM BERBASIS KIT IPA

Susi Gustina, Undang Rosidin, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


Instruments which are used by teachers in the school to assess the psychomotor aspects of students are not suitable, even some of teachers did not use assessment instruments for hands-on learning. This condition also occurs in SMP Negeri 22 Bandarlampung. This research aims to develop an instrument for performance assessment using KIT IPA on hands-on activity learning and to describe the suitability of the intsrument from contruction, material, and language aspects. The instrument has been validated by the validators. The results are data that showed the percentage of the suitability of the instrument. The percentage consists of which construction suitability is 93.8%, substance suitability is 96.9%, and the suitability of language is 97.2%. It means that this instrument is very suitable to be used.

Instrumen yang digunakan guru di sekolah untuk menilai aspek psikomotor siswa belum sesuai bahkan ada guru yang belum menggunakan instrumen penilaian untuk pembelajaran laboratorium. Kondisi ini terjadi di SMP Negeri 22 Bandarlampung. Penelitian ini bertujuan mengembangkan instrumen performance assessment berbasis KIT IPApada pembelajaran IPA Terpadu serta mendeskripsikan kelayakan instrumen dari segi konstruksi, subtsansi, dan bahasa. Instrumen hasil pengembangan kemudian divalidasi oleh validator. Hasil analisis data menunjukkan persentase kelayakan instrumen. Persentasekelayakan instrumen dari segi konstruksi sebesar 93,8% yang berarti sangat relevan, dari segi substansi sebesar 96,9% yang berarti sangat sesuai, dan dari segi bahasa sebesar 97,2% yang berarti sangat baik. Hal itu berarti bahwa instrumen sudah layak untuk digunakan.

Kata Kunci: Instrumen Performance Assessment, Pembelajaran IPA Terpadu, Scientific Approach



Full Text:

PDF

References


Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia pendidikan dan Kebudayaan dan Penjamina Mutu Pendidikan.

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardapi. Djemari. 2012. Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Matondang, Zulkifli. 2010. Penyusunan Instrumen/Tes Standar. (Online), (http://digilib.unimed.ac.id, diakses 18 Februari 2015).

Maulana, Nila, dkk. 2012. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran Membaca Kelas VII SMP. (Prosiding). Malang: Universitas Negeri Malang.

Nitko, A. J. 2001. Educational Assessment of Students (3rd ed). Upper Saddle River, NJ: Merrill.

Setyosari, Punaji. 2012. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subiantoro, A.W. 2010. Pentingnya Praktikum dalam Pembelajaran IPA (Makalah). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.