PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI GETARAN HARMONIS
Abstract
The aims of this research are to determine the validity of the product by experts and practitioners as well as to describe the attractiveness, the easiness and the expediency of the product. Development models used in this research is the ADDIE model which consists of five stages: analysis, design, development, implementation, and evaluation. The stage at this research explains only at the stage of development. The results obtained from expert validation test with an average score of 3.60 with the qualifying products is very valid, practitioners test results obtained an average score of 3.28 with very valid qualifying, and one by one test results of the product showed that the product was very attractive, very easy to use, and helpful.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas produk oleh ahli dan praktisi serta untuk mendeskripsikan kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan dari produk pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Pada penelitian ini, tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian yang diperoleh dari uji validasi ahli yaitu rata-rata skor produk 3,60 dengan kualifikasi sangat valid, hasil uji praktisi diperoleh rata-rata skor 3,28 dengan kualifikasi sangat valid, dan hasil uji 1-1 menunjukkan bahwa produk memiliki kualitas sangat menarik, sangat mudah digunakan, dan bermanfaat.
Kata kunci: ADDIE, Flipped Classroom, Getaran Harmonis, Perangkat Pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Basal, Ahmet. 2015. Implementation of a Flipped Classroom in Foreign Language Teaching. Turkish Online Jurnal of Distance Education.Vol 16(4), 28-37.
Daryanto dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.
Hsieh, Jun Scott Chen, Wen-Chi Vivian Wu, and Michael W. Marek. 2016. Using the Flipped Classroom to Enhance EFL Learning. Article in Computer Assisted Language Learning. Vol 30(1), 1-21.
Knutas, Antti, Antti Herala, Erno Vanhala, dan Jouni Ikonen. 2016. The Flipped Classroom Method: Lessons Learned from Flipping Two Programming Courses. Proceedings of the 17th International Conference on Computer Systems and Technologies 2016. Skinnarilankatu: Lappeeranta University of Technology.
Latifah, Sri, Eka Setiawati, Abdul Basith. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. Vol 5(1), 43-52.
Nouri, Jalal. 2016. The Flipped Classroom: for Active, Effective and Increased LearningEspecially for Low Achievers. International Journal of Educational Technology in Higher Education. Vol 13(1), 33-43.
Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendikbud.
Prasetyo, Zuhdan Kun. 2013. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas, serta Menerapkan Konsep Ilmiah Siswa SMP. Workshop.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakrta.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Bandarlampung: Universitas Lampung.
Warsita, B. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Wulandari, Heni. 2014. Pengaruh Metode Pembelajaran Flipped Classroom dan Diskusi terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X Akuntansi SMK Negeri di Kabupaten Klaten. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.