PERBANDINGAN PENGGUNAAN LKS (PREDICT-OBSERVE-EXPLAIN) DENGAN LKS KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR
Abstract
This research aims to determine differences in learning outcomes betweenusing POE student worksheet with conventional student worksheet in Static Fluid topic. This research uses a non-equivalent control group design. Data were tested with Grouping Learning Outcome Technique, N-gains Analysis, normality test, homogeneity test, and independent T-test. Based on the resultof hypothesis test,it has known that there are differences in learning outcomesbetween using the POE student worksheet and conventional student worksheeton cognitive and psychomotor. Cognitive and psychomotor learning outcomes by using POE student worksheets is higher than cognitive and psychomotor learning outcomes by using conventional student worksheet.The average value of N-gain is 0.83, whereas psychomotor learning outcomes percentage in the experiment class 33 students (100%) of students who reach psychomotorpassi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar antara menggunakan LKS POE dengan LKS konvensional pada materi Fluida Statis. Desain penelitian ini menggunakan bentuk non-equivalent control grup design. Data diuji dengan Teknik Pengelompokan Hasil Belajar, Analisis N-gain, Uji Normalitas, Homogenitas, dan Uji Inde-pendent T-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis, diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar menggunakan LKS berbasis POE dengan LKS konvesional pada ranah kognitif dan psikomotor hasil belajar ini menggunakan LKS berbasis POE lebih tinggi dibandingkan LKS konvensional pada ranah kognitif didapat nilai rata-rata N-gain sebesar 0,839, sedangkan hasil belajar ranah psikomotor pada kelas ekperimen sebanyak 33 siswa (100%) siswa yang mencapai KKM psi-komotorik.
Kata Kunci: Fluida Statis, Konvensional, LKS POE.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Prak-tik. Jakarta: Rineka Cipta.
________________. 2013. Dasar-
dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revi-si. Jakarta: Bumi Aksara.
Arsyad. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri., dan Aswan, Zain. 2006. Strategi belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta.
Eka, Fajria P. 2016, Pengembangan LKS Berbasis Predict-Observe-Explain (POE) pada Materi Fluida Statis di Sekolah Menengah Atas [online]. Jurnal Pendidikan Fisika, (http://digilib.unila.ac.id).
Gafur, Abdul. 2012. Desain Pem-belajaran: Konsep, Model, dan Aplikasinya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Ombak. Yogyakarta.
Hamalik, Oemar. 2002. Perencanaan Pembelajaran Berdasarkan Pende-katan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Indrawati dan Setiawan,W. 2009. Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan untuk Guru SD. Bandung: PPPPTK IPA.
Jannah, Miftakul., Sugiono., dan Sarwi. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Nilai Karakter melalui Inkuiri Terbibing Materi Cahaya pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. [online]. Jurnal off innovative sains education,Vol 1 No.1, http://journal-.unnes.ac.id. Diakses pada 12 Mei 2016.
Purnomo, Alfadiani. 2015, Penggunaan Metode POE dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan Pema-haman Konsep dan Kesenangan tentang Hukum Archimedes dalam Fluida Statis di kelas XI IPA SMA Tarakanita Magelang. Skripsi thesis, Sanata Dharma University. (online), http://repository.usd.ac.id. Diakses pada 25 Mei 2016.
Purwanto. 20013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Puriandari, Devi., Agung Nugroho Cartur Saputro.,dan Mohammad Masykur. 2014, Penerapan Model Pembelajaran Prediction, Obser-vation And Explanation (POE) Di-lengkapi Lembar Kerja Siswa (LKS) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kela-rutan Siswa Kelas XI IPA 1 Semester Genap SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2012/2013. (online). Jurnal Pendi-dikan Kimia (JPK), Vol. 3 No.1, available: http://digilib.uns.ac .id. Diakses pada 26 Mei 2016.
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. yogyakarta: Diva Press.
Restami, M.P., K, Suma., M, Pujani. 2013, Pengaruh Model Pembelajaran POE (Predict-Observe- Explaint) terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Sikap Ilmiah ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. (online). Vol 3, (http://pasca. undiksha.ac.id.), diakses 26 Mei 2016.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana Prenada Media.
Sudjana, Nana, Rivai, Ahmad. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru.
Sudijono, Anas. 2007. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Rajo Grafindo Persada.
Susanto, Akhmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: kencana.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajran Inovatif progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Uno, Hamzah. 2009. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.