PENGEMBANGAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE

Sinta Alfionita, Chandra Ertikanto, I Dewa Putu Nyeneng

Abstract


The aims of this research was to develop students' worksheet (LKS) based on guided inquiry of the elasticity and hookes law subject, which were attractive, easy, usefull and effective to be used as learning media. This research used development model based on Suyanto & Sartinem, which are need analysis, resource identification, identification of product specification, product development, internal test and external test by the user, and final production. Based on internal and external test result, it showed that the LKS was very attractive, very easy, very usefull and effective to be used as learning media.

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis inkuiri terbimbing pada materi Elastisitas dan Hukum Hooke yang menarik, mudah, bermanfaat, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pengembangan menurut Suyanto dan Sartinem yang meliputi analisis kebutuhan, identifikasi sumber daya, identifikasi spesifikasi produk, uji internal dan eksternal, serta produksi akhir. Berdasarkan hasil uji internal dan eksternal, diketahui bahwa LKS sangat menarik, sangat mudah, sangat bermanfaat, dan efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Kata kunci: elastisitas dan hukum hooke, inkuiri terbimbing, LKS

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Fahrie. 2012. Lembar Kerja Siswa (LKS). (Online) tersedia: http://fahrie13.blogspot.com/2012/06/lembar-kerja-siswa-lks.html. Diakses tanggal 3 Desember 2015.

Jacobson, David A, Paul E, dan Donald K. 2009. Metode-metode Pengajaran Meningkatkan Belajar Siswa TK SMA. Jakarta: Pustaka Belajar.

Majid, A. 2007. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktari, Sri, Nengah Maharta dan Chandra Ertikanto. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 3 No 5.Hal 47-57.

Permana, Ardy, Agus Suyatna dan Undang Rosidin. 2013. Pengembangan LKS (Lembar Kerja Siswa) Model Inkuiri Terbimbing Materi Pokok Optika. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 1 No 5. Hal 55.

Retnosari, Gesty, Nengah Maharta dan Chandra Ertikanto. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Perubahannya. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol 3. No 3. Hal 97-108.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto, Eko dan Sartinem. 2009. Pengembangan Contoh Lembar Kerja Fisika Siswa dengan Latar Penuntasan Bekal Awal Ajar Tugas Studi Pustaka dan Keterampilan Proses Untuk SMA Negeri 3 Bandarlampung. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan 2009. Lampung: Unila.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinyadalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pembelajaran Fisika



  Lisensi Creative Commons
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019).  This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.