PENGEMBANGAN INSTRUMEN ASESMEN OTENTIK TES TERTULIS PILIHAN JAMAK BERALASAN DENGAN SCIENTIFIC APPROACH
Abstract
The objectives of this development research were to produce authentic written assessment instrument test reasoning multiple choice in science Physics with scientific approach, describe the suitability, ease, and usefulness of the product. The research stages of development used were preliminary research, formulate the objectives, product design, validation testing, product testing, field testing, and production. Field test results showed that the authentic assessment developed comply with the scientific aspects of the suitability of the approach, ease, and usefulness each about 80.83% (very appropriate), 83.33% (very easy), and 78.50% (beneficial).
Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan instrumen asesmen otentik tes tertulis bentuk pilihan jamak beralasan pada IPA Fisika dengan scientific approach, mendiskripsikan kesesuaian, kemudahan, dan kemanfaatan produk. Tahap penelitian pengembangan yang digunakan adalah penelitian pendahuluan, merumuskan tujuan, mendesain produk, uji validitas, uji produk, uji lapangan, dan produksi. Hasil uji lapangan menunjukan bahwa asesmen otentik yang dikembangkan memenuhi aspek kesesuaian dengan scientific approach sebesar 80,83% (sangat sesuai), kemudahan sebesar 83,33% (sangat mudah), dan kemanfaataan sebesar 78,50% (bermanfaat).
Kata kunci: asesmen otentik, penelitian pengembangan, pilihan jamak beralasan, scientific approach.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Bakti, S. 2014. Pengembangan Model Penilaian Autentik Berbasis Kurikulum 2013. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Scientific pada Kuri-kulum 2013. Jakarta: PT Gava Media.
Grounlund, G. 1998. Portofolios as an Assessment Tool: is Collection of Work Enough? Young Children, 53(3), 4-10. Jakarta: PT Gava Media.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pem-belajaran Abad 21 (kunci sukses implementasi kurikulum 2013). Bogor: Ghalia Indonesia.
Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: PT. Graha Grafindo Persada.
Muchtar, H. 2010. Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. 21 (3): 33-48.
Pantiwati, Y. 2013. Hakekat Asesmen Autentik dan Penerapannya dalam Pembelajaran Biologi. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.
Sani, R. 2014. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sofyana, M. 2010. Autentik Asesmen. (Online), http://sofya6.blog-spot.com/2010/11/autentikasesmen.-html, diakses pada 11 April 2014.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2010. Model Pem-belajaran Terpadu. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2015 Jurnal Pembelajaran Fisika
Copyright of the article is reserved by the author(s). Published by the Physics Education Study Program, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Lampung in Collaboration with the Physical Society of Indonesia (since 2019). This article is an open-access article under the Creative Commons non-commercial-share-alike 4.0 International License (CC BY-NC-SA 4.0) license.